Upaya Penurunan Stunting di Posyandu Melalui Kader

Banjarbaru,KP- Ketua PKK Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Rizana Mirja dan Kasi Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Rita Fitriani dalam kegiatam penguatan peran serta kader dalam upaya penurunan Stunting di Posyandu Tingkat Kota Banjarbaru Tahun 2021, Senin (04/10/ 2021).

Kegiatan penguatan peran kader sebagai tindaklanjut dari orientasi bagi kader Posyandu di tahun 2020. Serta untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan kader dalam mengemban tugas di Posyandu. Serta sebagai upaya penguatan peran serta kader dalam penurunan stunting di Poyandu.

Sebanyak 348 peserta yang terdiri dari perwakilan seluruh Posyandu yang ada 164 buah dan 10 Puskesmas yang ada, terdiri dari Pengelola Program Promkes Puskesmas se Kota Banjarbaru dan Pj Posyandu se Kota Banjarbaru.

Materi yang disampaikan terkait Stunting, cara penyuluhan yang baik dan benar secara sederhana. Cara menimbang yang baik dan benar dan pengisian Buku KIA. Pencatatan dan Pelaporan (Sistem Impormasi Posyandu) dan RTL.

Berita Lainnya
1 dari 717

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Rizana Mirza menyampaikan bahwa peran dari para kader sangat penting dalam meningkatkan peran Posyandu dan kader juga sangat penting ikut dalam penurunan stunting di Posyandu.

“Tentunya dengan memberikan saran-saran kepada ibu hamil dan menyusui terkait stunting, serta pentingnya Pemberian Makanan Tambahan (PMT) adalah kegiatan pemberian makanan kepada balita” ujar Rizana.

Ketua PKK Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin menyebutkan keberadaan Posyandu memberikan banyak manfaat untuk keluarga, antara lain mendukung perbaikan perilaku, keadaan gizi dan kesehatan keluarga, mendukung perilaku hidup bersih dan sehat, mendukung pelayanankeluarga berencana, serta Mendukung pemberdayaan keluarga dan masyarakat dalam penganekaragaman pangan melalui pemanfaatan pekarangan.

“Karena semakin banyak keluarga yang datang berkunjung ke Posyandu maka semakin baik tingkat partisipasi dan keberlangsungan programnya, ” ujar Vivi.

Dengan diadakannya kegiatan pembekalan penguatan peran serta kader dalam penurunan stunting di Posyandu seperti yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan , dapat lebih meningkatkan kemampuan dan keterampilan kader sehingga lebih semangat lagi dalam melaksanakan tugasnya di Posyandu, sehingga akan tercipta Posyandu yang berkualitas dan semakin meningkat perkembangannya menjadi Posyandu purnama dan mandiri. (dev/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya