Banggar DPRD dan TAPD Kalteng Bahas RAPBD 2022

Pokok pembahasan rapat gabungan yakni penjelasan rincian nilai program dan kegiatan yang berada pada masing-masing perangkat daerah sesuai pagi indikatif masing-masing. Pj. Sekda Kalteng, Nuryakin selaku Ketua TAPD Provinsi Kalteng berkesempatan memaparkan struktur pendanaan RAPBD TA 2022.

PALANGKA RAYA, KP — Pejabat Sekda Provinsi Kalteng, Nuryakin menghadiri rapat gabungan membahas Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2022. Rapat gabungan antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), di Gedung DPRD Kalteng, Selasa.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno dan beragendakan pembahasan Rancangan Anggaran Pembangunan Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran (TA) 2022 antara Banggar DPRD dan TAPD Provinsi Kalteng, termasuk dalam kaitannya dengan penambahan pendapatan yang pada akhirnya mengubah struktur RAPBD TA 2022.

Pokok pembahasan rapat gabungan yakni penjelasan rincian nilai program dan kegiatan yang berada pada masing-masing perangkat daerah sesuai pagi indikatif masing-masing.

Nuryakin selaku Ketua TAPD Provinsi Kalteng berkesempatan memaparkan struktur pendanaan RAPBD TA 2022. “Perlu kami sampaikan bahwa terjadinya perubahan struktur berkaitan dengan adanya upaya-upaya yang dilakukan Pemprov Kalteng dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Berita Lainnya

Nopember 2021, Kalteng Inflasi 0,28 Persen

Raperda APBD Kalteng 2022 Disetujui

1 dari 1.003

Dikemukakan, Gubernur/Wakil Gubernur mendorong APBD kita diupayakan selalu meningkat. Sehingga Gubernur/Wagub ingin kita bekerja lebih maksimal lagi,” ungkapnya. Adapun struktur pendanaan itu sendiri terdiri dari komponen Pendapatan Daerah, Belanja Daerah dan Pembiayaan Daerah.

Pj. Sekda Nuryakin juga menyampaikan PAGU masing-masing SKPD lingkup Pemprov Kalteng. “Ada beberapa efisiensi yang dilakukan sesuai arahan Gubernur terhadap beberapa kegiatan yang di beberapa OPD,” jelas Pj. Sekda.

Usai paparan, sejumlah tanggapan dikemukakan anggota Banggar DPRD Kalteng.Tanggapan tersebut antara lain perlu diadakan rapat antara komisi-komisi dan mitra kerjanya yakni OPD yang mengalami peningkatan pagu anggaran secara signifikan.

Begitu juga OPD yang mengalami efisiensi/ pengurangan pagu anggaran secara signifikan. Di dalam rapat-rapat tersebut akan didalami apa saja rincian komponen yang mengalami penambahan yang belum tampak pada paparan rapat gabungan sore itu.

Rapat gabungan juga dihadiri sejumlah anggota Banggar, kelompok pakar pimpinan, kelompok pakar Banggar DPRD. Sedangkan Pj. Sekda Nuryakin didampingi antara lain Kepala Bappedalitbang Yuren S. Bahat, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kaspinor dan Kepala OPD terkait lainnya. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya