Belasan Pompa Air Taman Vertikal Raib

Banjarmasin, KP – Hilangnya sejumlah mesin pompa air yang dipasang untuk mengairi taman vertikal di sejumlah ruas jalan Kota Banjarmasin kembali membuat geram Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.

Pasalnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin mencatat setidaknya sudah ada belasan mesin pompa air di vertical garden yang digondol maling.

Kepala DLH Banjarmasin, Mukhyar membeberkan, kejadian tersebut sudah terjadi sejak Januari hingga Oktober 2021.

“Misalnya, seperti yang dipasang di taman vertikal di kawasan fly over perempatan Jalan Gatot Subroto. Di situ, ada enam mesin pompa air yang hilang,” ungkapnya saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (18/11) siang.

Mukhyar mengaku tak habis pikir, mengapa ada oknum yang tega mencuri sejumlah aset pemko itu. Padahal keberadaan pompa air itu sangatlah penting untuk tanaman vertikal yang dipasang.

“Kalau tidak selalu disiram air, tanaman itu rentan mengering kemudian mati. Untuk menumbuhkannya, itu memerlukan waktu yang tidak sebentar,” tekannya.

Ia mengungkapkan, total kerugian yang dialami akibat peristiwa itu setidaknya berkisar lebih dari Rp 4 juta.

“Harga mesin pompa air itu satu unitnya Rp400 ribu. Dikalikan saja misalnya bila ada sepuluh unit yang hilang,” bebernya.

Kendati demikian, Mukhyar mengaku bahwa mesin pompa air yang hilang itu sudah diganti alias dipasang kembali oleh pihaknya.

Berita Lainnya
1 dari 3.937

Ia menjelaskan, jika kedepannya kasus pencurian mesin pompa air di taman vertikal itu kembali terjadi, pihaknya berencana bakal memindah lokasi taman vertikal ke kawasan lain.

“Mungkin, ke Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kamboja,” ungkapnya.

Lantas, apakah hilangnya pompa air itu sudah dilaporkan kepada aparat berwenang? Menjawab hal itu, Mukhyar mengaku belum melaporkannya.

“Kami lihat dulu. Kalau bulan ini kembali hilang, maka tidak menutup kemungkinan akan kami laporkan ke aparat berwenang,” tekannya.

Sementara itu, Plt Sekretaris DLH Kota Banjarmasin, Marzuki menambahkan bahwa sebulan lalu, polisi sempat memergoki orang yang diduga hendak mencuri mesin pompa air taman vertikal.

“Tak sampai dicuri. Karena ketika dipergoki langsung kabur. Menurut laporan yang kami terima, pencuri tidak bekerja sendirian. Pencuri datang mengendarai roda dua dan beraksi pada malam hari,” ucapnya.

“Kemudian, ada indikasi si pencuri ini juga cukup profesional,” tambahnya.

Lebih jauh Marzuki mengimbau agar masyarakat bisa turut serta menjaga aset pemko atau sarana dan prasarana milik pemko yang berada di ruang publik.

“Bila sungkan menegur, bisa laporkan langsung ke kami di DLH Kota Banjarmasin, atau polsek setempat,” pintanya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya