Bupati Tanam Tumpang Sari Padi Gogo dan Pisang di Lumpangi

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry dan Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, melakukan tanam padi gogo dan pisang kultur jaringan, Jumat (12/11/2021) di Desa Lumpangi, Kecamatan Loksado.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan bantuan bibit pisang kultur jaringan, duku dan durian.

Kepala dinas Pertanian HSS Muhammad Noor menjelaskan, tanam padi gogo dilakukan tumpang sari dengan pisang kultur jaringan untuk mengoptimalkan lahan.

“Diharapkan setelah panen padi akan disambung dengan panen pisang, sehingga sepanjang tahun petani mendapat penghasilan,” terangnya.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, dilaksanakannya kegiatan itu merupakan upaya pemerintah mewujudkan swasembada daerah, dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Berita Lainnya
1 dari 633

Bupati Achmad Fikry berpesan, petani terus mengoptimalkan setiap lahan untuk tanaman yang produktif.

Ia berharap, lahan yang sudah ditanami padi gogo dapat dirawat, dan tidak mencari lahan lain atau dengan ladang berpindah.

“Mudah-mudahan ini ditanami terus, jangan berpindah-pindah. Karena di Loksado ini kalau musim hujan berpotensi tanahnya longsor, sehingga lahan yang ada ini dijaga di tanami saja jangan di alih fungsikan,” pesannya.

Bupati Fikry juga mengimbau, petani terus mengembangkan usaha. Serta tidak selalu mengharapkan bantuan pemerintah, terutama permasalahan modal bisa melalui KUR perbankan, yang tidak akan memberatkan.

Pada kesempatan itu, Bupati meninjau vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Dinas Pertanian, bekerja sama dengan Puskesmas Malinau. Kegiatan merupakan rangkaian peringatan hari jadi ke-71 tahun Kabupaten HSS. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya