Grand Desain Pembangunan kependudukan 5 Pilar Kalteng Disosialisasikan

Palangka Raya, KP – Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda Nuryakin) membuka kegiatan Webinar Sosialisasi Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) 5 Pilar Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah 2, Lantai II Kantor Gubernur, Kamis (18/11).

Pj. Sekda Nuryakin berharap dengan tersusunnya GDPK, pemerintah daerah dapat merumuskan perencanaan pembangunan kependudukan untuk jangka waktu 25 tahun ke depan yang dijabarkan setiap lima tahun dan berisi tentang isu penting kependudukan saat ini, kondisi kependudukan yang diinginkan, program kependudukan, serta roadmap pembangunan kependudukan.

Ia menilai GDPK berpotensi menjadi landasan penanganan persoalan kependudukan yang sinergis, konvergen, dan berkesinambungan apabila memperhatikan karakteristik persoalan kependudukan yang cenderung jangka panjang pada setiap wilayah serta mempertimbangkan sistem perencanaan pembangunan nasional dan daerah.

Sebagaimana diketahui, Indonesia akan menerima bonus demografi pada tahun 2030. Menurut Pj. Sekda, keberhasilan pemanfaatan bonus demografi dipengaruhi kesiapan pemerintah dalam menyiapkan penduduk yang berkualitas.

“Kunci keberhasilan dengan memanfaatkan jendela peluang tahun 2020-2045 memberikan kesempatan untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) dengan sebaik-baiknya agar menjadi SDM unggul pada tahun 2045,” jelas Pj.

Berita Lainnya

Nopember 2021, Kalteng Inflasi 0,28 Persen

Raperda APBD Kalteng 2022 Disetujui

1 dari 621

Sekda yang menambahkan bahwa pembangunan SDM unggul memerlukan kerjasama berbagai sektor terkait dan komitmen semua pemangku kepentingan pusat dan daerah.

Nuryakin mengukakan 2 nama Kabupaten yang telah mencapai 5 Pilar, yakni Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Gunung Mas.

Diharapkan melalui kegiatan Sosialisasi Grand Design Pembangunan Kependudukan ini, Kabupaten/Kota yang lain, termasuk Provinsi Kalimantan Tengah dapat menyusun atau meningkatkan GDPK menjadi 5 Pilar yang mencakup bidang pengendalian kuantitas penduduk, bidang peningkatan kualitas penduduk, bidang pembangunan keluarga, bidang penataan persebaran dan pengaturan mobilitas penduduk, dan bidang penataan administrasi kependudukan.

Terakhir Pj. Sekda Nuryakin berharap webinar dapat menghasilkan kesamaan persepsi dalam menyusun Grand Design Pembangunan Kependudukan di tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota;

Dan juga untuk mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah agar meningkatkan kualitas proses penyusunan dan pemanfaatan Grand Design Pembangunan Kependudukan 5 Pilar; serta mendorong terwujudnya Grand Design Pembangunan Kependudukan 5 Pilar sebagai dokumen perencanaan pembangunan yang berfungsi secara efektif dalam pelaksanaan pembangunan di bidang kependudukan untuk mencapai Kalteng Makin BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis).

Pembukaan webinar ini juga diikuti secara virtual, antara lain oleh Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalteng Linae Victoria Aden, Sekda Kabupaten/Kota se-Kalteng atau yang mewakili, dan Kepala Perangkat Daerah terkait se-Kalteng atau yang mewakili. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya