Menilik Peranan Polres Bartim Tanggulangi COVID-19

Tamiang Layang, KP – Tak mengenal waktu dan tidak mengenal lelah, itulah mereka polisi yang bertugas di Polres Barito Timur dalam menanggulangi Covid-19 selama 22 bulan ini.

Pagi – pagi, puluhan Polisi Lalu Lintas (Polantas) sudah melaksanakan penjagaan dan pengaturan lalu lintas disertai sosialisasi protokol kesehatan kepada pengguna jalan di wilayah Ibukota Kabupaten Barito Timur, Tamiang Layang dan sekitarnya.

Seusai itu, mereka melanjutkan tugas kedua yakni melaksanakan penyaluran bantuan sosial membantu kepada warga terdampak Covid-19, terlebih lagi kepada warga tidak mampu dan terdampak langsung dari pandemi Covid-19.

Hal serupa juga dilaksanakan anggota Satsabhara Polres Barito Timur. Mereka juga mensosialisasikan protokol kesehatan hingga melaksanakan Operasi Yustisi di desa-desa, bahkan terkadang melaksanakan tugas secara bersamaan dengan Polantas.

“Disamping tugas utama, tugas – tugas (menanggulangi Covid-19, red) itu masih kami laksanakan hingga saat ini. Dan kami juga ikut melaksanakan vaksinasi untuk membantu pemerintah dalam percepatan pembentukan kekebalan tubuh,” kata Kapolres Barito Timur, AKBP Afandi Eka Putra di Tamiang Layang, Minggu (14/11).

Berita Lainnya
1 dari 173

Secara kontinyu, masyarakat diharapkan bisa sadar akan dampak – dampak yang timbul akibat pandemi Covid-19 ini. Mulai dampak kesehatan jika terpapar COvid-19, bahkan dampak secara ekonomi jika pandemi Covid-19 tidak diakhiri.

Pandemi Covid-19 di Kabupaten Barito Timur memberikan dampak yang cukup luar biasa. Sudah 46 jiwa meninggal dunia yang diakibatkan terpapar virus asal China itu.

“Cara mengakhirinya yang saat ini diyakini tepat yakni dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan mengikuti vaksinasi untuk kekebalan tubuh dari terpapar Covid-19,” kata Afandi.

Protokol kesehatan dimaksud yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Sedangkan vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga meminimalisir dari dampak yang tidak diinginkan seperti kematian.

“Kinerja kami, jerih payah kami maupun keringat kami rasanya terbayarkan dengan melihat semua masyarakat di Kabupaten Barito Timur tertib dan disiplin menerapkan protokol kesehatan serta mengikuti vaksinasi,” demikian Kapolres Barito Timur AKBP Afandi Eka Putra. (vna/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya