Resmi Beroperasi, Ambulance Sungai Siap Layani Warga Pesisir

Banjarmasin, KP – Kota Banjarmasin kini memiliki satu unit Ambulance Air yang siap melayani keluhan masyarakat bantaran sungai yang berada di pelosok Kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi menjelaskan, Ambulance Sungai ini dirasa perlu keberadaannya lantaran 30 persen masyarakat di Ibukota Kalimantan Selatan ini masih bermukim di bantaran sungai.

Ambulans sungai dengan menggunakan perahu bermesin diresmikan oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina saat puncak HKN di panggung siring depan Balai Kota, Jumat (12/11) pagi itu diakuinya sudah menjalani uji fungsi dan kelayakan beberapa hari lalu.

Ia melihat, semua mesin berfungsi dengan baik dan siap dioperasikan melayani masyarakat.

“Ambulans ini untuk memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di pinggiran sungai karena 30% penduduk Banjarmasin berada di Bantaran sungai,” ucapnya usai peringatan puncak HKN.

Selain itu, Ambulance Sungai berupa speedboat yang dimodifikasi sedemikian rupa itu juga bisa difungsikan untuk kegiatan-kegiatan masyarakat, terutama untuk persiapan kapal emergency.

Misalnya dalam pelaksanaan lomba dayung dan kegiatan pemerintah kota seperti perahu hias, tanglong dan kegiatan lainnya.

Berita Lainnya
1 dari 3.937

“Ini menjadi pelengkap bagi fasilitas yang dimiliki Banjarmasin, apalagi Ibukota Kalimantan Selatan ini dikenal sebagai wilayah kota seribu sungai. Ambulans ini kita tempatkan di dermaga RSUD Sultan Suriansyah,” ungkapnya.

Machli menambahkan, pagu anggaran yang disediakan dari APBD untuk pengadaan satu unit ambulans sungai itu mencapai Rp 800 juta. Namun pemenang lelangnya sebesar Rp 790 juta.

“Ambulans ini juga dilengkapi dengan sarana yang standar. ada alat bedah minor dan penjahitan luka serta oksigen tiga tabung dan lainnya. Dan ini (Ambulance Sungai) stand by 24 jam gratis, tinggal hubungi PSC 119,” tutupnya.

Disamping meresmikan fasilitas Ambulance Sungai, momentum Peringatan HKN ke-57 hati ini juga terdapat pemberian penghargaan kepada seluruh tenaga kesehatan yang selama ini menjadi garda terdepan dalam melawan pandemi Covid-19.

“Termasuk mereka yang gugur sebagai pahlawan kesehatan yang sudah mempersembahkan jiwa dan raganya untuk kemanusiaan. Kita doakan yang terbaik agar mereka mendapatkan pahala di sisi Allah SWT,” ucap Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina seusai acara.

Ibnu juga mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak baik itu dari TNI-Polri, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi dan lainnya yang selama ini turut mendukung program pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus Covid-19.

Berbagai penghargaan pun diberikan kepada tenaga kesehatan agar meningkatkan semangat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Banyak sekali penghargaan yang diberikan mulai penghargaan puskesmas terbaik, dokter terbaik, perawat terbaik dan banyak penghargaan lainnya,” pungkas orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai ini. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya