Bisa Bikin E-KTP Lewat Mesin

Banjarmasin, KP – Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina melaunching Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Siring Menara Pandang Banjarmasin, pada Rabu (01/12) pagi.

Ibnu mengatakan, mesin ADM tersebut berfungsi sebagai sebuah sarana untuk melengkapi fasilitas digital Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Banjarmasin.

Khususnya untuk mencetak tiga dokumen kependudukan penting, yaitu Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga.

“Ini semua bisa dilayani tapi tentunya difasilitasi oleh operator, sehingga kami berharap ini bisa mengurangi orang misalnya harus ke Dukcapil terus ke Kecamatan,” ungkapnya.

Ia menambahkan ADM tersebut merupakan bantuan hibah dari Kementerian Dalam Negeri sebagai sebuah penghargaan untuk Kota Banjarmasin.

Berita Lainnya

Ibnu Sina Hadir di Apeksi Nasional

PKK Laksanakan Rapat Rutin

1 dari 4.236

“Kami juga berharap ini di masing-masing kecamatan ada 1 karena terjangkau harganya,” tuturnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Banjarmasin, Madyan memaparkan, pelayanan ini merupakan pelayanan langsung kepada masyarakat Banjarmasin dari Disdukcapil.

“Ini tentunya lebih mudah bagi orang yang sakit dan ODGJ,”ungkapnya.

Saat ini, mesin ADM, masih tersedia hanya di Menara Pandang Banjarmasin. Tahun depan, pihaknya menargetkan bakal menambah mesin ADM yang diletakan di Mall Pelayanan Publik.

“Insyaallah jika sudah ada Mall Pelayanan Publik di tahun depan, kita juga akan letakan mesin disana untuk pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya