Iklan
Iklan
Iklan
Martapura

Sekda Hilman Pimpin Penilaian Smart City

×

Sekda Hilman Pimpin Penilaian Smart City

Sebarkan artikel ini
SMART CITY - Sekda Hilman memimpin penilaian evaluasi Smart City 2021 oleh tim assesor. (KP/Wawan)

Martapura, KP – Sekdakab HM Hilman memimpin penilaian evaluasi Smart City 2021. Menurutnya, dampak pelaksanaan program Smart City di Kabupaten Banjar terlihat pada terciptanya inovasi pelayanan yang efektif dan efisien.

”Juga meningkatkan efisiensi dan partisipasi masyarakat, pemberdayaan ekonomi, pelayanan kesehatan, peningkatan kapasitas SDM, integrasi pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesadaran hukum masyarakat,” katanya saat memaparkan pelaksanaan Smart City Kabupaten Banjar dihadapan tim Assesor secara daring, bertempat di Mahligai Sultan Adam Martapura, kemarin.

Android

Dijelaskannya, visi Smart City yaitu mewujudkan Kabupaten Banjar sebagai daerah MANIS (Maju, Mandiri dan Agamis). Ada beberapa program dilaksanakan, diantaranya Smart Governance dengan Command Center dan Mall Pelayanan Publik, Smart Branding dengan Gerakan Bersama Memviralkan (Gebrak) Pariwisata Kabupaten Banjar.

”Ada pula Smart Living dengan Call Center 112, Smart Economy dengan Kampung Sasirangan, Smart Society dengan Inovasi Bank Sampah Sekumpul dan Smart Environment dengan inovasi Gebraks (Gerakan Bersama Realisasi Akses Sanitasi) yang berhasil masuk Top 40 dari Kemenpan RB,” paparnya.

Hilman pun mengucapkan terima kasih pada penilaian ini dan berharap usulan, masukan yang diberikan membuat Pemkab Banjar dapat melakukan perbaikan dan pelaksanaan Smart City bermanfaat buat masyarakat.

Lurah Sekumpul Gusti Marhusin menambahkan, Bank Sampah Sekumpul sudah berdiri sepuluh tahun lalu, esensinya mengajak masyarakat lebih peduli kebersihan lingkungan dengan ikut menjadi nasabahnya.

”Sampah bisa ditransaksikan dan ditabung, dapat menjadi nilai ekonomi,” tandasnya.

Hadir mendampingi Sekda, para Kepala SKPD, Direktur RSUD Raza dr Tofik Norman dan Kabid E Government Diskominfostandi Cornelius Kristianto. Adapun tim assesor terdiri dari Wendy Gambetta, Sri Yulianto, Lukito Eddy dan Fitrah Al Kautsar. (Wan/K-3)

Iklan
Iklan