Miliki Dua Gedung Baru
Politala Diharap Ciptakan Lulusan Mampu Bersaing di Dunia Usaha

Pelaihari, KP – Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) secara resmi memiliki dua gedung perkuliahan baru yakni Gedung Kuliah Terpadu (GKT) Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari dan Gedung Teknik Informatika (GTI) Nadiem Anwar Makarim, BA., MBA. yang diresmikan langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia (RI) Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. pada Rabu (26/1/2022).

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti, bertempat di Aula GKT Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

Pembangunan Gedung GTI ini terlaksana melalui alokasi pembiayaan proyek Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2020 dan Gedung GKT juga terlaksana melalui alokasi pembiayaan proyek SBSN tahun 2021. Kedua gedung ini merupakan gedung keenam dan ketujuh dari total 17 gedung perencanaan dari masterplan Kampus Politala yang diresmikan oleh mantan Bupati Tala H Adriansyah (Aad) pada 25 September 2009 yang lalu.

Bupati Tala H. M. Sukamta yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Tala H. Dahnial Kifli saat menghadiri kegiatan peresmian gedung perkuliahan Politala mengungkapkan bahwa Pemkab Tala akan terus mendukung upaya peningkatan terhadap kemajuan Politala. Ia juga berharap Politala mampu mengeluarkan lulusan-lulusan yang memiliki kompetensi bersaing di dunia usaha. Pada kesempatan ini juga, Sekda Tala juga menyerahkan secara simbolis hibah tanah seluas delapan hektar kepada Politala untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, baik penambahan gedung maupun untuk praktik lapangan.

Berita Lainnya
1 dari 684
loading...

“Bupati Tala dan Wakil Bupati Tala terus mendukung peningkatan dan kemajuan Politeknik Negeri Tanah Laut, hari ini kita menyerahkan tanah hibah dalam rangka mendukung prasarana yang ada. Jadi mudah-mudahan lahan yang dihibahkan ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Kami berharap kepada mahasiswa-mahasiswa yang belajar di sini bukan hanya mempunyai kualitas tetapi juga kompeten di bidangnya. Sehingga nanti ini menjadikan solusi dalam memecahkan angka pengangguran, membuka lapangan kerja dan mereka dapat berinovasi kreatif di bidangnya serta berdampak pada peningkatan sumber daya manusia di Kabupaten Tala,” kata sekda.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek RI Wikan Sakarinto usai meresmikan kedua gedung perkuliahan menyampaikan bahwa penambahan gedung-gedung di Politala diharapkannya juga menambah semangat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga bisa menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa pemimpin dan jiwa pengusaha.

“Kita bisa lihat bahwa Tala punya potensi pariwisata dan pertanian, dan semua itu membutuhkan infrastruktur dan sebagainya. Jadi Politeknik Tala ini hadir untuk berkolaborasi dengan SMK dan seluruh perguruan tinggi di Kalimantan Selatan untuk menciptakan SDM yang kompeten, SDM yang tidak cuma lulus ijazah, tapi punya kompetensi minimal Soft Skill, Karakter dan Hard Skill. Lulusan yang tidak cuma ijazah tapi anak-anak yang mampu menjadi calon pemimpin, calon enterprenuer. Dengan dibangunnya gedung-gedung baru di Politala ini, saya berharap adanya project based learning. Jadi pembelajarannya itu memang berbasis proyek nyata, anak-anak itu belajar sambil mengerjakan proyek nyata sehingga kompetensi itu lengkap. Jadi jangan hanya mengejar fisik tapi bagaimana mindset dosen-dosennya, kurikulumnya di improve, link and match dengan industri, project based learning dan terutama teaching factory,” kata Wikan Sakarinto.

Sementara itu, Direktur Politala Mufrida Zein menyampaikan bahwa fasilitas baru yang dibangun di Politala tentu akan dimanfaatkan sebaik mungkin. Ia dan jajaran juga terus mendorong kemajuan Politala dengan membuka prodi-prodi Diploma empat sebagai pendidikan vokasi yang menyiapkan mahasiswa menjadi praktisi terampil untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan keahliannya.

“Kita difasilitasi oleh kementerian dengan dibangunnya gedung ini dengan sarana prasarana yang luar biasa dan peralatan yang luar biasa. Juga kita siapkan lagi tambahan prodi-prodi yang lainnya sehingga ini akan menjadi sesuatu yang luar biasa untuk kemajuan Politala, pembukaan prodi baru tentu saja akan menjadi kekuatan dan peluang buat kita untuk memajukan Politala dan memajukan Kabupaten Tala,” ungkap Mufrida. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya