Rumah Pensiunan Polri Ditimpa Ruko Miring

dinding dan lantai kamar ikut hancur akibat terdorong bangunan ruko yang miring

BANJARMASIN, KP – Warga Jalan Beruntung, RT 45, RW 04, Kelurahan Pemurus Dalam, Kecamatan Banjarmasin Selatan digegerkan dengan suara seperti ledakan di sebuah ruko dua pintu bertingkat dua pada Senin (14/3) malam.

Suara seperti ledakan yang terdengar itu, ternyata berasal dari dalam ruko akibat kondisi bangunannya miring ke arah belakang.

Salah satu warga yang rumahnya tepat berada di samping ruko, Hj Rusmini mengatakan, mendengar suara dentuman seperti batu yang jatuh ke atas seng setelah menunaikan salat Isya di rumahnya.

Kemudian, tak lama setelah itu, disusul suara kretek-kretek seperti kayu patah dari ruko yang tepat bersebelahan dengan rumahnya itu.

“Waktu mendengar suara dentuman keras, saya langsung ke luar dan ternyata warga sudah ramai di depan rumah melihat ruko di sebelah miring,” ucapnya.

Istri dari pensiunan anggota Polri itu lantas memeriksa kamar tidur yang ada di bagian belakang rumah. Dan benar saja, dinding dan lantai kamar tersebut ikut hancur akibat terdorong oleh bangunan ruko yang miring.

Kondisi lantai kamar yang ambruk akibat tongkat pondasinya patah. Bahkan, batako yang jadi konstruksi dinding kamar terlihat jatuh ke atas ranjang akibat tekanan dari bangunan ruko.

Beruntung ia dan suaminya tak terluka, karena sedang berada di kamar depan menunaikan salat.

Berita Lainnya

Bengkel RS TPT Terbakar

1 dari 1.964
loading...

“Alhamdulillah tidak ada yang luka, cuma lantai kamar belakang itu ambruk dan tidak bisa lagi ditiduri. Apalagi bagian wc nya. hancur,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, bagian depan sebelah kanan dari bagunan ruko berlantai dua itu yang diisi sebagai kantor Notaris terdapat retakan yang lumayan lebar dan di bagian lantai tidak simetris lagi.

Ahdi Ketua RT 45, RW 04 mengatakan, mendapat kabar dari seorang warga yang menelponnya ketika hendak tidur.

“Saya mau tidur waktu itu, tiba-tiba warga saya menelpon mengatakan ruko di belakang rumahnya mengeluarkan suara retakan seperti mau roboh,” ucapnya, Selasa (15/3).

Mendapat kabar itu, dia pun bergegas memeriksanya dan memastikan kebenaran dari laporan warga tersebut.

Ia pun heran, ketika ruko baru berusia sekitar 3 tahun itu amblas.

Sementara itu, Hanafi anggota BPBD Banjarmasin di lokasi kejadian mencoba mengevakuasi warga disekitar bagunan tersebut guna menghindari terjadi hal yang tidak diinginkan dan mengimbau warga menjauhi tempat kejadian.

Ia juga menyarankan, penghuni rumah yang ada di bagian belakang dan samping ruko untuk mengungsi ke tempat lain, lantaran dikhawatirkan bangunan tersebut roboh dan menimpa warga di sekitarnya.

“Warga yang tinggal dekat bangunan sudah kita evakuasi dan imbau untuk menjauh ke lokasi yang aman. Karena masih labil tanahnya dan bangunan masih terus bergerak ke bawah,” katanya.

Belum diketahui penyebab bangunan itu mau ambruk. Akan tetapi pihaknya menduga hal tersebut dikarenakan adanya pergeseran pondasi.

Namun, kalau dilihat dari kasat mata, ada pondasi di bagian belakang ruko yang patah sehingga menarik bangunan di depannya miring ke belakang. Makanya sampai retak di bagian depan.

“Yang pasti, untuk sementara ini ada dua buah rumah yang terkena dampak akibat ambruknya pondasi ruko, dan penghuninya sudah kita minta untuk mengamankan diri,” tutupnya. (kin/K-4)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya