Gali Potensi Wisata Alam, Abdul Hadi Susuri Pedalaman Naik Trail

Paringin, KP – Sembari menikmati keindahan alam dan menggali potensi pariwisata lokal, Bupati Balangan H Abdul Hadi bersama Dandim 1001/HSU-BLG dan Sekdakab Balangan bersama Komunitas Motor Trail Balangan melintasi desa-desa terpencil di wilayah Kabupaten Balangan, Minggu (15/05/2022) kemarin.

Bahkan, perjalanan semakin menantang ketika rombongan Trail .tersebut melintasi jalan setapak, tanjakan dan turunan hingga sungai berbatu-batu.

“Disamping ingin melihat desa-desa terpencil yang tidak bisa dijangkau dengan mobil, juga ingin melihat potensi pariwisata lokal untuk bisa dikelola, baik oleh desa-desa terdekat, bersama pemerintah kabupaten,” ujar bupati sembari menjelaskan bahwa pariwisata lokal dapat dikelola oleh BUMDes untuk menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Semua yang kita lakukan ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di pedesaan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya lagi.

BUPATI BALANGAN – H Abdul Hadi berkesempatan menyapa anak-anak pedalaman di kecamatan Halong. (KP/Ist)
Berita Lainnya
1 dari 712
loading...

“Seperti Wisata air terjun Batarius yang terletak di Dusun Jajanang Desa Mamigang Kecamatan Halong siap menjadi destinasi baru warga Kalimantan Selatan khususnya masyarakat Balangan,” sebut Hadi.

Seperti yang pernah disampaikan Bupati, “Air terjun Batarius luar biasa dan ini akan kita kembangkan menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Balangan, terutama yang paling penting adalah dalam hal pembenahan infrastruktur akses jalan agar mudah digapai oleh wisatawan. Dalam kesempatan ini, kami juga mengajak pihak PUPR yang akan menindaklanjuti infrastruktur akses jalan, kemudian pengembangan dititik objek wisata Dinas Pariwisata yang mengembangkannya,” jelasnya.

Dan, sektor pariwisata menjadi salah satu fokus kami, karena jika kita melihat dari segi ekonomi pariwisata kita akan melihat peluang besar di sana, dengan kekayaan alam yang dimiliki Balangan, peluang mendapatkan banyak pendapatan dari sektor pariwisata sangat terbuka lebar.

Menurut bupati, dari sektor pariwisata tersebut banyak hal yang bisa dikembangkan menjadi usaha untuk mendapatkan keuntungan. Serta menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat, yang tentunya secara tidak langsung akan mengangkat ekonomi masyarakat sekitar tersebut.

Dalam perjalanan orang nomor satu di Balangan bersama Dandim dan Sekdakab serta komunikasi Trail juga berkesempatan ingin melihat secara langsung kondisi pembangunan yang ada di desa-desa hingga dipedalaman, seperti SD kecil Kurihai Mamigang dan Infrastuktur jalan dan jembatan. (rel/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya