Gubernur Paman Birin akan saksikan lomba jukung tradisional

Gubernur Paman Birin akan menyaksikan kegiatan Lomba Jukung Tradisional di Sungai Rangas Martapura, Minggu (15/5/2022).

Banjarmasin-Kalsel segera menggelar lomba jukung tradisional di Wisata Khatulistiwa Desa Sungai Rangas Tengah, Martapura Barat Kabupaten Banjar.

Rencananya kegiatan tersebut digelar 15 Mei 2022. Kadispora Kalsel, Hermansyah mengatakan pihaknya akan mendukung penuh kegiatan tersebut terutama yang bersentuhan dengan budaya tradisional Banjar.

“Insya Allah di pembukaan gubernur langsung yang menghadiri,” ujarnya usai ditemui dalam acara halal bihalal di Kantor Dispora Kalsel, Senin.

Adapun untuk lintasan yang digunakan yakni aliran Sungai Martapura yang berada di area Wisata Khatulistiwa Sungai Rangas Tengah yang selama ini terkenal dengan karakter lintasan lurus yang menantang.

Selain memperebutkan piala Gubernur Kalsel, gelaran kali ini juga menyediakan hadiah total Rp55 juta serta sejumlah trofi bergengsi.

Gelaran ini juga diharapkan sebagai wadah untuk pegiat olahraga dayung

tradisional dan menjadi ajang pencarian bibit baru.

Berita Lainnya
1 dari 636
loading...

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel mendukung penuh kegiatan Lomba Balap Jukung Tradisional (Gubernur Kalsel Cup 2022) di Wisata Khatulistiwa Desa Sungai Rangas Tengah Kec Martapura Barat Kabupaten Banjar.

“Jadi kami dari Dispora mendukung penuh kegiatan tersebut untuk kemajuan olahraga dayung tradisional banua,” kata Kepala Dispora Kalsel, Hermansyah di Banjarmasin, kemarin.

Hermansyah mengatakan, Lomba Balap Jukung Tradisional digelar untuk memperkenalkan, sekaligus melestarikan olahraga dayung yang sangat erat dan kental dengan kehidupan maupun kebudayaan masyarakat banjar.

“Kegiatan ini sebagai wadah untuk penggiat olahraga dayung tradisional dan menjadi ajang pencarian bibit baru untuk melanjutkan tongkat estafet penggiat olahraga dayung tradisional di Indonesia khususnya Kalsel,” ujarnya

Oleh karena itu, kompetisi ini dibuka untuk umum, sehingga peserta atau penggiat olahraga dayung di Kalsel bahkan luar Kalsel dapat menjadikan kompetisi ini sebagai ajang unjuk gigi dan berkesempatan meraih hadiah bergengsi.

Sedangkan format kompetisi secara dua tahap, yakni diawali dengan babak kualifikasi yang mengusung format time Atack dan dilanjutkan dengan babak Knock Out (gugur) dengan jenis balapan head to head antar dua peserta.

“Diharapkan, besaran hadiah serta piala Gubernur Kalsel dapat membentuk kompetisi yang positif, sengit serta menjunjung tinggi sportivitas antar peserta maupun penggiat,” ungkapnya.

Penghelatan lomba balap jukung tradisional juga turut menyediakan sekaligus memfasilitasi pelaku UMKM daerah khususnya untuk mengenalkan serta memperjual belikan produk unggulan Kalsel agar menarik minat para pengunjung yang berhadir. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya