Hanya untuk Mobil, Motor Tak Perlu Daftar MyPertamina

Banjarmasin, KP – Penerapan regulasi pembelian BBM bersubsidi pertalite dan solar menggunakan aplikasi MyPertamina hanya berlaku untuk kendaraan roda empat (mobil) atau lebih, bukan untuk roda dua (motor).

Selama masa uji coba, kendaraan mobil diharuskan mendaftarkan diri melalui website subsiditepat.mypertamina.id secara langsung. Pendaftaran juga dapat diakses melalui aplikasi MyPertamina untuk dapat membeli pertalite dan solar melalui SPBU.

Jadi, bagi motor masih berlaku pembelian seperti biasanya dan tidak perlu melakukan pendaftaran seperti halnya mobil.

Hal tersebut diungkapkan
Area Manager Communication & CSR Pertamina Regional Kalimantan, Susanto Agustus Satria, kepada sejumlah wartawan di Banjarmasin, Senin (4/7) malam.

“Jadi, jangan salah paham, program ini hanya untuk roda empat atau lebih, tidak untuk roda dua,” ungkapnya, seraya menambahkan pendaftaran ini pun tidak diwajibkan, tapi bagi masyarakat yang mau saja.

”Yang perlu saya tekankan adalah Pertamina tidak mewajibkan masyarakat mendaftarkan kendaraannya. Namun, apabila masyarakat merasa berhak mendapatkan BBM Subsidi maka silakan daftarkan kendaraannya melalui website subsiditepat.mypertamina atau aplikasi MyPertamina,” bebernya.

Setelah mendaftar, tambah Satria, tim pertamina akan melakukan pencocokan data dari yang didaftarkan oleh pemohon selama 7 hari kerja.

Berita Lainnya
1 dari 19
loading...

”Kendaraan yang didaftarkan akan mendapat QR Code atau barcode. Satu kendaraan satu barcode, yang wajib ditunjukan pada saat membeli BBM bersubsidi,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Satria juga menerangkan bahwa satu akun MyPertamina bisa untuk mendaftarkan lebih dari satu mobil. 

”Masyarakat yang memiliki mobil lebih dari satu, tak perlu khawatir, cukup satu akun MyPertamina, tinggal daftarkan mobilnya saja. Nanti satu mobil akan mendapatkan barcode masing-masing. Satu akun bisa daftarkan tiga mobil,” tambahnya.

Sedangkan untuk pembayaran, Satria juga menerangkan, masyarakat bisa melakukannya dengan cara tunai atau non tunai.

”Pembayaran bisa cash maupun non tunai, kartu debit atau kredit dan aplikasi Mypertamina yang terkoneksi dengan LinkAja,” ucapnya.

Satria juga mengingatkan, jika pelaksanaan pendaftaran melalui website Pertamina ini bukan untuk menyulitkan, sebaliknya untuk melindungi masyarakat rentan yang sebenarnya berhak menikmati subsidi energi.

“Ini penting agar BBM Subsidi bisa tepat sasaran. Kita ingin hanya pengguna yang berhak yang mengkonsumsi BBM bersubsidi,” imbuhnya. (Opq/KPO-1)


Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya