Gelar Lomba Masak Serba Ikan
TP PKK Edukasikan Nutrisi Pencegah Stunting

Paringin, KP – Tingkatkan minat masyarakat gemar mengkonsumsi ikan, Pemerintah kabupaten (pemkab) Balangan melalui DKP3 setempat bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Balangan menggelar lomba masak serba ikan (LMSI) dan lomba menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) dari bahan pangan lokal, Senin (26/09/2022) di Mayang Maurai komp Garuda Maharam perumahan dinas pejabat pemkab setempat.

“Lomba berbahan dasar ikan ini dalam rangka meningkatkan sekaligus mempercepat gerakan gemar makan ikan. Lomba ini dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Balabgan berkerjasama dengan DKP3,” jelas Kepala DKP3 Balangan Ir Tuhalus.

Dia juga mengatakan lomba masak serba ikan dan lomba menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) dari bahan pangan lokal karena diketahui ikan sebagai sumber protein yang tinggi, dan bisa dipadukan dengan makanan jenis lain dari bahan pangan lokal, sehingga gizi yang diperoleh bisa lengkap dan seimbang.

“Jadi kegiatan hari ini adalah lomba masak serba ikan dan berbahan pangan lokal, kenapa serba ikan, karena kita tahu di dalam ikan banyak terdapat protein yang tinggi, ” katanya

Selain itu, lanjutnya, lomba ini juga untuk meningkatkan kreativitas ibu- ibu dalam menghidangkan makanan yang kaya dengan protein dan gizi.

“Adapun tujuan lomba ini untuk meningkatkan kreativitas ibu-ibu dalam mengolah ikan dan pangan lokal menjadi makanan yang disukai, bergizi, seimbang dan aman,” ungkapnya.

Berita Lainnya

Bupati Balangan Hadiri Haul Datu Kandang Haji

1 dari 806
loading...

Ini mungkin salah satu cara kita untuk menurunkan stunting yang ada di kabupaten Balangan dengan menu-menu olahan tersebut, masak serba ikan (LMSI) menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman.

Sejalan dengan itu Ketua Tim Penggerak PKK Balangan Hj Sri Huriyati mengungkapkan bahwa ikan memiliki banyak gizi yang baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil, yang baik untuk mencegah terjadinya stunting.

“Harapannya, terciptanya menu kreasi dengan bahan dasar ikan, supaya masyarakat kita gemar makan ikan, karena ikan merupakan salah satu sumber protein dan memiliki kandungan gizi yang tinggi, baik juga untuk mencegah terjadinya stunting, karena menjadi lebih sehat,” imbuhnya.

Digelarnya lomba masak serba ikan dan lomba menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) dari bahan pangan lokal ini, akan mampu memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dan ibu-ibu dapat lebih pandai lagi mengolah ikan dan pangan berbahan lokal sebagai menu dalam keluarga dengan bermacam olahan.

Lomba diikuti sejumlah pesertal dari kecamatan dengan menyajikan berbagai olahan berbahan dasar ikan dan berbahan lokal.

Diketahui, dalam lomba tersebut juara umum kecamatan Paringin dan juara favorit kecamatan Paringin Selatan. (srd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya