Gerakan Indonesia Tertib, Kanwil Kemenkumham Kalsel Siap Berkontribusi dan Jadi Percontohan

Banjarmasin, KP – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi menghadiri kegiatan Aksi Nyata Gerakan Indonesia Tertib yang digelar Deputi V Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI bertempat di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin, Kamis (6/10).

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor yang turut menghadiri kegiatan Aksi Nyata Gerakan Indonesia Tertib sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) di Provinsi Kalsel, Banjarmasin menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini dapat semakin menumbuhkan kesadaran pemerintah dan masyarakat Kalsel, untuk menerapkan nilai-nilai revolusi mental dalam berbagai aspek kehidupan, di antaranya tertib berlalu lintas dan tertib administrasi kependudukan yang diselenggarakan hari ini.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program Indonesia tertib yang merupakan bagian dari lima aksi nyata gerakan revolusi mental, yaitu Indonesia melayani, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, Indonesia bersih, dan Indonesia bersatu,” ujar Sahbirin.

Senada dengan hal itu Deputi V Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam, Irjen. Pol. Armed Wijaya menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini dapat menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat untuk memulai kebiasaan tertib baik itu dalam berlalu lintas, administrasi dan lain sebagainya.

Berita Lainnya
1 dari 7
loading...

“Banjarmasin menjadi kota percontohan yang harapannya dapat ditiru oleh kota-kota lainnya di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Secara terpisah Lilik Sujandi selaku Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel menyampaikan bahwa Kanwil Kemenkumham Kalsel siap untuk memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan Aksi Nyata Indonesia Tertib di Kalimantan Selatan.

“Melalui para Penyuluh Hukum kami siap untuk berkontribusi dalam rangka mensosialisasikan Gerakan Indonesia Tertib (GIT) dan melalui para Perancang Peraturan Perundang-undangan Kanwil Kemenkumham Kalsel juga siap untuk turut membantu penyusunan regulasi ataupun aturan terkait GIT agar dapat menjadi percontohan bagi daerah lain,” ucap Lilik Sujandi.

Pada kegiatan ini juga dilakukan pengucapan ikrar Indonesia tertib yang dibacakan oleh peserta yang merupakan perwakilan pelajar, komunitas, kepemudaan hingga para aparat. Kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan rombongan roadshow para peserta yang melakukan konvoi menggunakan kendaraan roda 2 untuk menunjukkan aksi tertib berlalu lintas. (KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya