50 Tahun Menanti, MTQ Pertama di Kalsel Mengusung Konsep Teknologi Digital

Martapura, KP – Penantian selama 50 tahun untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat nasional akhirnya terwujud.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus mematangkan konsep dan desain panggung untuk pembukaan MTQ ke XXIX yang rencananya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Memanfaatkan teknologi digital layar besar videotron, panggung berukuran lebar yang ditata dengan semburat kilauan cahaya penuh warna akan menyuguhkan nuansa modern dan artistik.

“Kalsel Babussalam siap menyambut kafilah peserta MTQ Nasional. Semoga keagungan dan kemuliaan Alquran yang dilantunkan dalam pelaksanaan MTQ ini bisa membawa keselamatan dan keberkahan untuk bumi Kalimantan Selatan sebagai pintu penuh rahmat,” harap Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, yang sangat akrab dipanggil Paman Birin ini.

Untuk memastikan semua pelaksanaan berjalan lancar, termasuk kesiapan pada saat pembukaan nanti, Paman Birin beserta seluruh jajarannya melakukan aksi bersih-bersih kawasan Kiram Park pada Jumat (7/10) tadi.

“Semoga MTQ bisa menambah nilai religius dan menggerakkan roda ekonomi daerah. Saya berharap Kalsel bisa lebih dikenal secara nasional sebagai tujuan wisata religi, karena kita banyak memiliki ulama besar di Martapura,” ujar Paman Birin.

Berita Lainnya
1 dari 12
loading...

Sementara Sekdraprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, menjelaskan bahwa panitia telah menyusun rencana pembukaan MTQ dengan beberapa langkah mitigasi. Seperti untuk transportasi peserta yang telah diatur dan antisipasi bila terjadi hujan saat pembukaan.

“Saat pembukaan nanti kapasitas maksimal 3 ribu orang. Untuk transportasi peserta dibantu Kementerian Perhubungan yang menyiapkan armada 30 bus. Panitia juga telah menyiapkan tempat untuk Presiden Jokowi bila saat pembukaan tiba-tiba hujan turun,” kata Roy yang memantau langsung progress pengerjaan panggung yang menjadi venue acara, Jumat (7/10) .

Ia juga memastikan bahwa Pemprov Kalsel melakukan pengawasan terhadap vendor EO yang menjadi penanggung jawab pengerjaan panggung utama. Pihaknya juga melakukan evaluasi bila ada kekurangan yang perlu segera diperbaiki.

“Pemprov ingin memberikan yang terbaik dan memberikan kesan yang baik pula bagi seluruh kafilah. Dengan doa dan dukungan semua ulama serta seluruh warga Banua, semoga MTQ bisa sukses. Baik sukses pelaksanaan maupun sukses prestasi juga bagi Kalsel,” harapnya.

Untuk menyosialisasikan kegiatan MTQ secara massif, Pemprov Kalsel juga telah meluncurkan website MTQ yang selalu mengabarkan setiap perkembangan dan selama pelaksanaan MTQ nanti. Kepala Dinas Kominfo Kalsel, Muhammad Muslim, memastikan bahwa sinyal telepon seluler maupun jaringan internet selama pembukaan dan pelaksanaan MTQ di Kiram Park akan stabil.

“Beberapa provider dan operator telah menyiapkan penguat sinyal untuk menjamin komunikasi berjalan lancar,” kata Muslim. (Nau/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya