Pemko Galakkan Prinsip Satu Data Antar SKPD

Banjarmasin, KP – Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik menggalakkan prinsip satu data antar satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

“Jadi Pemko menerapkan prinsip satu data antar SKPD,” kata Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, saat membuka Sosialisasi Tata Kelola Data sesuai dengan Prinsip Satu Data Indonesia, di Kalimantan Ballroom, Rattan Inn Hotel Banjarmasin, Senin (21/11/22).

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Diskominfo Kalsel, H Muhammad Muslim, Kepala Diskominfotik Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika ST, MT, Kepala BPS Kota Banjarmasin, Ir Akhmad Rusihanoor serta sejumlah pimpinan SKPD terkait di lingkungan Pemko Banjarmasin.

Windi mengatakan, sosialisasi tersebut bertujuan agar pengelolaan data yang dihasilkan antar lintas SKPD sesuai dengan prinsip satu data yang ingin dicapai, seperti yang tercantum pada Peraturan Walikota Nomor 118 tahun 2022 tentang Satu Data Indonesia tingkat daerah Kota Banjarmasin.

Berita Lainnya
1 dari 5.567
loading...

“Kegiatan sosialisasi ini dibuat, agar data yang dihasilkan para produsen atau admin sesuai dengan prinsip satu data,” kata Windi.

Data tersebut terdiri dari pemenuhan standar data, adanya metadata, serta terpenuhinya kaidah interoperabilitas data dan penggunaan kode referensi.

Windi menambahkan, para produsen data tingkat daerah tersebut, memiliki tugas antara lain, untuk memeriksa kesesuaian data oleh SKPD, apakah sudah sesuai dengan prinsip satu data, kemudian menyebarluaskan data maupun metadata di Portal Satu Data Indonesia, serta membantu pembina data tingkat daerah dalam pembinaan produsen atau admin data tingkat daerah (SKPD).

“Kami berharap melalui kegiatan ini kita dapat menghasilkan data yang berkualitas, memiliki rekomendasi di sertai dengan metadata,” harapnya. (diskominfotik/K-7)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya