Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Tapin

Bupati Sejahterakan Petani Melalui Alat Mesin Pertanian

×

Bupati Sejahterakan Petani Melalui Alat Mesin Pertanian

Sebarkan artikel ini
SIMBOLIS - Bupati Tapin HM Ariifn Arpan dididampingi Plt Kepala Dinas Pertanian Tapin Aji Budiono menyerahkan alat mesin pertanian kepada Kelompok Tani di Kabupaten Tapin. (KP/Ist)

Rantau, KP – Delapan Kelompok Tani dibantu sejumlah berbagai macam alat mesin pertanian oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tapin.

Bantuan pertanian diserahkan bertepatan Puncak Hari Jadi Kabupaten Tapin ke 57 Tahun 2022, Rabu (30/1/2022).

Secara simbolis Bupati Tapin HM Arifin Arpan menyerahkan bantuan alat mesin pertanian kepada Petani langsung didampingi Plt Kepala Dinas Pertanian Tapin Aji Budiono di Halaman Kantor Bupati Tapin.

Kelompok Tani yang menerima bantuan masing masing Kelurahan Bitahan Kecamatan Lokpaikat, Kelompok Tani Bastari satu Unit Hand Traktor Rotary dan Kelompok Tani Swadaya Mesin Pompa Air Portable.

Kecamatan Bungur Desa Sabah Kelompok Tani Karya Bersama satu unit Hand Traktor Rotary 1 dan Desa Purut Kelompok Tani Mekar Bersama Jahidi satu unit Pompa Air Portable.

Selanjutnya Kecamatan Tapin Selatan Desa Cempaka. Kelompok Tapin Terus Maju bantuan Pompa Air Portable dan Desa Tandui Kelompok Tani Sumber Tani satu  Combine Harvester Sedang. Kecamatan Hatungun Desa Hatungun Kelompok Tani Milenial (Basri Jaya) satu unit  Hand Traktor Bajak dan Kecamatan Bakarangan Desa Parigi Kecil Kelompok Tani Harapan Baru satu unit Combine Harvester Sedang.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, bantuan sejumlah alat mesin pertanian ini sebagai bentuk kepedulian kepada petani untuk menggunakan tegnologi pertanian, agar para petani terus semangat dalam menggarap lahan pertaniannya.

“Dengan bantuan alat mesin pertanian ini, petani kita lebih semangat lagi untuk menggarap pertaniannya, “katanya.

Hal ini untuk mewujudkan Tapin Sejahtera Yang Agamis, tentunya salah satu mensejaterakan petani dengan memberikan bantuan berupa alat mesin pertanian, sehingga dalam menggarap lahannya cepat dan hasilnya juga cepat didapatkan dan petani menikmati hasilnya.

Pada kesempatan ini kepada Kelompok Tani, saya berpesan aga rdapat menggunakan alat mesin pertanian dengan sebaik-baknya dan tentunya dipelihara dan di jaga sehingga keberadaan mesin dapat digunakan secara terus menerus untuk menggarap lahan pertaniannya.

Baca Juga:  Awali Hari Kemenangan Tetap Disiplin Protokol Kesehatan

Sementara Plt Kepala Dinas Pertanian Aji Budiono melaporkan, bantun alat mesin pertanian ini bersumber dari APBD Pemerintah Provinsi Kalsel sebanyak 5 (lima) buah, dan APBD Kabupaten Tapin sebanyak 3 (tiga) buah pada anggaran tahun 2022.

Mudah-mudahan alat mesin pertanian ini dapat dimanfaakan oleh para petani yang tergabung dalam kelompok tani yang menerima bantuan seiring dengan tibanya musim tanam. (abd/K-6)

Iklan
Iklan