Wujud Refleksi Diri Korem 101/Antasari 61 Tahun Pengabdian untuk Masyarakat

Banjarmasin, KP – ”Korem 101/Antasari sinergi untuk Negeri”, merupakan wujud refleksi diri dalam pengabdiannya ke-61 kepada masyarakat Indonesia khususnya di Kalsel ( Kalimantan Selatan).

Peringatan HUT ke-61 Korem 101/Antasari tahun 2022, diakhiri dengan acara puncak kegiatan syukuran dihadiri para unsur Forkopimda berlangsung di Aula Korem, Selasa (27/12).

Beragam pertunjukan menarik ditampilkan pada gelaran syukuran berupa tarian-tarian Giring-giring, Tarian Perang Dayak Ponyang Mohing Asang dan persembahan Kabaret dari Persit yang mengisahkan perjuangan seorang istri TNI yang ditinggal melaksanakan tugas keluar daerah demi menjaga kedaulatan NKRI.

Tak hanya itu, sebagai bentuk kepedulian dalam meningkatkan moril prajurit, juga memberikan penghargaan dan tali asih kepada perwakilan Purnawirawan dan pensiunan TNI jajaran Korem 101/Antasari serta para prajurit yang berprestasi, baik berprestasi dibidang militer maupun bidang olahraga.

Seperti Lomba Karya Jurnalistik, Lomba Video Babinsa Inspiratif, Lomba Tinju Porprov tahun 2022, Lomba Menembak, Lomba Sambo, Lomba Binaraga Porprov tahun 2022 dan juga lomba MTQ.

Danrem, Brigjen TNI Rudi Puruwito menyampaikan bahwa Korem 101/Antasari berdiri pada 20 Desember 1961, kegiatan yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 20 Desember, dikarenakan ada beberapa faktor kegiatan, sehingga kegiatan syukuran baru dapat dilaksanakan pada 27 Desember 2022.

”Acara syukuran sebagai wujud ungkapan terima kasih dan rasa syukur, hingga saat ini Korem 101/Antasari dapat berkontribusi dalam membantu kemajuan dan pembangunan bangsa khususnya Kalsel dan senantiasa mengevaluasi berbagai kekurangan-kekurangan dalam melaksanakan tugas selama ini,” ungkap Danrem.

Ia menjelaskan, peringatan ulang tahun kali ini dititik beratkan pada berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka membantu masyarakat seperti pasar murah, lomba masyarakat bergembira, donor darah, bedah rumah tidak layak huni, dan kegiatan sosial lainnya.

Seperti melaksanakan 3 kali TMMD di 6 wilayah Kabupaten/Kota dengan membuka dan perkerasan badan jalan sepanjang 21.516 meter, bedah rumah tidak layak huni sebanyak 32 unit, renovasi Masjid dan Mushola sebanyak 6 unit.

Pembuatan Pos Kamling sebanyak 5 unit, MCK 5 unit, pembuatan jembatan 21 unit, rehab balai pertemuan 1 unit, melaksanakan TNI Manunggal Air dengan membuat 130 sumur bor tersebar di seluruh wilayah Kalsel.

Berita Lainnya
1 dari 1,793
loading...

Melaksanakan Karya Bakti berupa normalisasi sungai sepanjang 7.800 meter dan kegiatan ketahanan pangan.

Selain itu Karya Bakti berupa pembangunan dan pelebaran badan jalan sepanjang 19.205 meter, pembuatan siring sepanjang 1.000 meter.

Melaksanakan Liga Santri yang melibatkan 42 Pesantren se-Kalsel, Lomba Badminton Santri Piala Pangdam Vl/Mlw, membina Komponen Cadangan sebanyak 271 orang, dan sukses dalam menggelar Pengamanan VVIP Kunjungan Wakil Presiden RI dalam rangka pengamanan one pesantren one product dan pengamanan pembukaan MTQ Nasional tahun 2022 serta beberapa hasil pencapaian-pencapaian lainnya.

”Harapannya dapat lebih optimal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diamanatkan oleh bangsa dan negara, khususnya dalam membina pertahanan negara di daerah.

Sehingga dapat mewujudkan stabilitas wilayah yang kondusif bagi kepentingan pembangunan nasional di wilayah Kalimantan Selatan,” pungkas Danrem.

Sementara Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengatakan ”Selama 61 Tahun Korem 101/Antasari telah menyelenggarakan pembinaan teritorial dalam rangka menyiapkan pertahanan dan menjaga keamanan di wilayah Banua.

“Ini sebagai bagian dari upaya menjaga keutuhan NKRI,” ucap Gubernur dalam sambutan dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ir H Nurul Fajar Desira.

Lebih lanjut, gelaran syukuran hari ini menjadi momen refleksi pengabdian Korem 101/Antasari di Bumi Lambung Mangkurat selama 61 tahun.

“Jadikan pengalaman pendahulu sebagai pembelajaran untuk menyempurnakan pelaksanaan tugas, visi, dan misi Korem 101/Antasari.

Satuan seyogyanya memiliki jiwa yang tulus dan berani mewujudkan aksi bela negara demi terciptanya kondusifitas dan ketenteraman di masyarakat,” sebutnya.

”Saya berpesan agar kuatkan komitmen untuk bekerja sama dan sinergitas dengan seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat serta aparat keamanan untuk menangani permasalahan sosial,” pungkas Gubernur. (*/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya