Bang Dhin Harapkan Jalan Bypass Banjarbaru-Batulicin Segera Rampung

Banjarmasin, KP – Pembangunan infrastruktur jalan bypass atau penghubung bebas hambatan dari Banjarbaru ke Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu diharapkan segera rampung, agar bisa dinikmati masyarakat.


“Kita harapkan pembangunan jalan penghubung ini bisa segera rampung, karena keberadaan sangat ditunggu masyarakat,” kata Wakil Ketua DPRD Kalsel, Muhammad Syaripuddin, Kamis (5/1), di Banjarmasin.


Hal ini dikarenakan jalan penghubung tersebut akan memperlancar dan meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa guna menunjang pertumbuhan ekonomi secara merata di Kalsel.


Bang Dhin, panggilan akrab M Syaripuddin mengatakan, kondisi pemulihan ekonomi nasional yang dalam tren positif harus turut berimbang dengan akselerasi pertumbuhan di Kalsel.


“Ini didorong aksesbilitas masyarakat dalam penyediaan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang sedang dikerjakan pemerintah daerah,” tambah politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.


Bang Dhin menambahkan, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan merupakan program yang harus dijalankan dengan prioritas secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

Berita Lainnya
1 dari 4
loading...


“Karena sebagai komponen dalam infrastruktur pembangunan menjadi daya hubung bagi aksesbilitas masyarakat secara umum,” jelas Bang Dhin.


Bahkan komitmen Pemprov Kalsel untuk mengoneksikan daerah pelosok dan perkotaan terus dilakukan ini perlu mendapatkan apresiasi, seperti halnya pembangunan jalan penghubung bebas hambatan dari Desa Awang Bangkal Timur dan Barat, Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar sampai Jalan Kodeco Km 58 Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu yang pengerjaannya dilakukan sejak 2019 lalu.


“Jalan ini akan membuka akses berbagai desa terisolir seperti Rantau Balai, Bunglai, Apuai, Tiwingan Baru, Rantau Bujur, Sungai Luar, dan lain-lain,” ungkap Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalsel.


Secara umum, rencana perbaikan jalan Awang Bangkal – Kahelaan – Kodeco 58, desain panjang pembangunan jalannya sejauh 104.85 KM, dengan lokasi yang sudah beraspal sepanjang 25,136 Km, lokasi yang belum beraspal sepanjang 79,72 Km dan pelebaran menuju standar sepanjang 25,136 Km.


Dari progres pengerjaan juga akan dilakukan pembuatan delapan jembatan dan 35 box beserta pelebarannya yang total keseluruhan akan menghabiskan biaya lebih dari Rp1,8 triliun.


Pengerjaan yang dilakukan secara bertahap ini pada tahun anggaran 2023 dianggarkan kurang lebih sebesar Rp150 miliar untuk pengerjaan perbaikan jalan lanjutan dan pengerjaan jembatan beserta box pada tengah-tengah ruas jalan yang menghubungkan Banjarbaru dan Batulicin. (lyn/KPO-1)


Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya