Ir Dina : Bisa Faktor Alam Juga Lingkungan

MENGERING atau surutnya Sungai Barito, khususnya di bawah Jembatan Barito Kabupaten Barito Kuala yang terjadi dalam minggu ini dikarenakan faktor alam juga lingkungan.

Praktisi dan Konsultan Normalisasi Sungai Provinsi Kalsel, Ir Dina, menilai untuk menyimpulkan faktor penyebab bisa dilihat dahulu parameter alamnya mengapa dan kenapa yang menjadi penyebab surut.

“Bisa jadi ada kegiatan apa aja sepanjang Sungai Barito itu jadi belum bisa disimpulkan apa sebabnya. Apakah faktor alam atau lingkungan,’” katanya, Senin (23/1).

Karena secara umum, faktor alam curah hujan kurang, kelembaban tinggi, sehingga terus suhu bumi meningkat.

Dengan dikarenakan faktor lingkungan itulah bisa jadi dikarenakan faktor pemakaian sungai berlebihan, katanya.

“Ini yang tidak harus dicek dahulu ke BMKG faktor yang mana yang lebih cocok ke Sungai Barito.

Berita Lainnya
1 dari 1,793
loading...

Kemudian bisa jadi pemakaian air sungai untuk kebutuhan air tawar meningkat.

Sseperti meningkatnya pemancingan, apakah ada orang atau perusahaan yngg mengalirkan air untuk kebutuhannya, irigasi, meningkatnya transportasi,” ucapnya balik bertanya.

Namun, katanya, kalau overusage (pemakaian berlebihan) bertahun-tahun maka disaat curah hujan menurun, suhu bumi meningkat.

“Sehingga kelembaban kita meningkat, jadi evaporasi tinggi, lalu kering bu, tapi ini harus dipastikan dahulu betulkah kondisinya,” ujarnya lagi.

Tetapi secara global karena suhu bumi meningkat dan curah hujan turun sehingga banyak sungai besar dunia sudah mengalaminya.

Di Amerika contohnya Sungai Missisipi, di Eropa Sungai Danube, di Australia jua Heat wave, bahkan China yangtze river jua mengering.

“Kemudian bisa jadi kegiatan manusia banyak memakai sungai tersebut untuk irigasi,’’ tutupnya. (nau/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya