Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Dispora gelar Bimtek 2023 Untuk penerima dana hibah dari Kepemudaan, Kepramukaan dan Olahraga

×

Dispora gelar Bimtek 2023 Untuk penerima dana hibah dari Kepemudaan, Kepramukaan dan Olahraga

Sebarkan artikel ini
KADISPORA : H Hemansyah, Anugrah dan Denny Saputra, saat pembukaan Bimtek 2023, di Hotel Pop Banjarmasin Senin (6/3/2023). (Kp/nafarin fauzy)

Banjarmasin, KP – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan, menggelar kegiatan Bimbingan Tehnis untuk penerima dana hibah dari kepemudaan, kepramukaan dan olahraga. Selama 3 hari (tgl 6-8 Maret 2023) di Hotel Pop Jl Hj Djok Mentaya (Nagasari) Banjarmasin.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kalsel, H Hermansyah mengingatkan agar organisasi kepemudaan, kepramukaan, dan olahraga supaya bijak dalam menggunakan dana hibah.

Android

Hal ini penting, karena dana hibah dari Pemprov Kalsel melalui Dispora Kalsel tersebut harus digunakan secara efektif dan efisien sesuai aturan yang berlaku. Apabila serampangan dalam menggunakan dana hibah, maka ada ancaman pidana yang bakal dikenakan kepada pihak pemberi dan penerimanya.

“Untuk itu, jangan sampai dana hibah yang kami salurkan ini digunakan di luar program kepemudaan, keolahragaan, dan Pramuka. Apabila melanggar, maka ada ancaman pidana kepada pihak pemberi yakni Dispora Kalsel dan pihak penerima hibah, yakni organisasinya. Untuk itu, harus bijak menggunakan dana hibah,” sebut Herman kala menyampaikan sambutan di acara pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Bagi Penerima Dana Hibah Tahun Anggaran 2023 di Pop Hotel Banjarmasin, Senin (6/3).

Menurut Herman yang didampingi Plt Kabid Pengembangan Pemuda dispora, Anugrah, untuk saat ini organisasi yang mendapatkan dana hibah melalui Dispora Kalsel tidak ada yang bermasalah. “Semuanya aman dan tertib administrasi, tidak pernah ada temuan atau hal-hal yang tidak sesuai. Namun demikian, pembinaan dan pendampingan tetap jadi kewajiban Dispora Kalsel agar tiap organisasi tersebut bisa mengelola dana hibah dengan baik, berintegritas, dan akuntabel,” sambungnya.

Tahun 2023 ini, Dispora Kalsel akan menganggarkan dana hibah senilai Rp9 miliar untuk keolahragaan dan Rp21 miliar untuk keolahragaan. Ada sekitar 40 organisasi yang dipercaya Dispora Kalsel untuk mengelola dana hibah tersebut. “Khusus untuk organisasi keolahragaan, dana hibah kami salurkan kepada organisasi cabang olahraga (cabor) peraih medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua dan cabor yang masuk Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Penyerahan dana hibah tinggal menunggu SK dari Gubernur Kalsel,” urainya.

Sementara itu, Sri Rahayu, Sekretaris Pengurus Daerah Special Olympic Indonesia (Pengda SOIna) Kalsel menuturkan kesiapan pihaknya untuk mengelola dana hibah dari Dispora Kalsel. “Tentunya dana hibah akan kami gunakan semaksimal mungkin untuk membina atlet SOIna Kalsel supaya semakin berprestasi. Salah satunya untuk membantu operasional dua atlet SOIna Kalsel yang akan berangkat ke ajang World Special Olympic Game 2023 di Jerman,”

Panitia pelaksana Denny Saputra melaporkan, Bimtek untuk penerima dana hibah organisasi kepemudaan, kepramukaan dan olahraga tersebut, diikuti 40 peserta. (nets/nfr/k-9)

Iklan
Iklan