Iklan
Iklan
Iklan
EKONOMI

Pertamina IT Banjarmasin dan DPPU Syamsudin Noor Raih Penghargaan Pengelolaan Lingkungan Hidup Tingkat Nasional

×

Pertamina IT Banjarmasin dan DPPU Syamsudin Noor Raih Penghargaan Pengelolaan Lingkungan Hidup Tingkat Nasional

Sebarkan artikel ini

Banjarbaru, KP – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melalui unit operasinya yaitu Integrated Terminal (IT) Banjarmasin dan DPPU Syamsudin Noor pada tahun 2022 berhasil meraih predikat Proper Hijau dalam acara Apresiasi Proper di Hotel Novotel, Banjarbaru pada Senin (20/3) yang lalu.

Acara ini dihadiri oleh Sekda Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan dan berbagai sektor perwakilan perusahaan di Kalimantan Selatan seperti pertambangan, perkebunan, perbankan, BUMN hingga BUMD.

Android

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) merupakan bentuk apresiasi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada perusahaan yang telah patuh pada pengelolaan lingkungan hidup dan pengembangan masyarakat.

Pemberian sertifikat Proper Hijau diserahkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali yang mewakili Gubernur Kalimantan Selatan kepada perwakilan Pertamina IT Banjarmasin dan DPPU Syamsudin Noor serta perusahaan lainnya.

Dalam sambutanya Sekda Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan bahwa dengan banyaknya peraih Propernas di Kalimantan Selatan, diharapkan terjadi peningkatan pengelolaan lingkungan di lingkup masing-masing perusahaan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan Hanifah Dwi Nirwana, merinci, dalam Propernas terdapat 77 perusahaan yang berlokasi di Kalimantan Selatan yang mendapatkan predikat Proper yang terbagi menjadi 1 Proper Emas, 10 Proper Hijau, dan 63 Proper Biru serta 3 Proper Merah.

”Kepada perusahaan yang telah meraih emas, diharapkan dapat mempertahankan peringkatnya dan dapat selalu memberikan kebermanfaatan lebih luas ke masyarakat. Dan perusahaan dengan peringkat hijau agar dapat meningkatkan kinerjanya yang lebih baik untuk mencapai peringkat emas di tahun-tahun selanjutnya,” ucap Hanifah Dwi Nirwana.

Penghargaan Proper Hijau ini telah didapatkan oleh Pertamina IT Banjarmasin sejak tahun 2018 dan DPPU Syamsudin Noor sejak tahun 2019 sampai 2022 ini.

Baca Juga:  Audiensi dengan Polda Kalsel, Pertamina Sampaikan Program Subsidi Tepat BBM dan LPG

Peringkat hijau ini menandakan bahwa perusahaan telah mencapai beyond compliance dimana perusahaan tidak hanya taat dalam pemenuhan regulasi lingkungan, namun juga memberi nilai tambah terhadap pemeliharaan sumber daya alam, konservasi energi dan pengembangan masyarakat.

“Dalam operasionalnya IT Banjarmasin senantiasa menjaga aspek keberlanjutan lingkungan dan melakukan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang berkelanjutan kepada masyarakat sekitar,” ujar Integrated Terminal Manager Banjarmasin, Andi Indrawan, saat dikonfirmasi, Jumat (24/4).

Sedangkan, Operation Head DPPU Syamsudin Noor, Haryanto mengatakan bahwa, “Kami berkomitmen memberikan kepuasan pelanggan khususnya dibidang penyediaan avtur untuk penerbangan dengan memperkecil dampak dan resiko aspek HSSE guna mencapai layanan kelas dunia”.

Di lokasi terpisah, Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, juga menyampaikan, “Raihan penghargaan ini merupakan bentuk komitmen kami dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dan patuh pada pengelolaan lingkungan dan berupaya melaksanakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan demi tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang saling bersinergi dengan Pemerintah”. (Opq/KPO-1)

Iklan
Iklan