Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

Wagub Edy Pratowo Terima Audiensi dari Komnas Disabilitas

×

Wagub Edy Pratowo Terima Audiensi dari Komnas Disabilitas

Sebarkan artikel ini

Palangka Raya,KP – Untuk Koordinasi Pelaksanaan Tugas Pemantauan dan Melihat Praktik baik atas Penghormatan, Pelaksanaan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas di wilayah Provinsi Kalteng, Wagub Edy Pratowo terima audensi dari Komisi Nasional Distabilitas, di Ruang Rapat Wakil Gubernur Kalteng, Senin (20/3).

Dari Komnas Disabilitas hadir Wakil Ketua Komnas Disablitas Deka Kurniawan dan anggota Komnas Disablitas Fatimah Asri Mutmainnah.

Android

Wakil Gubernur H. Edy Pratowo menyambut baik audiensi yang dilakukan Komnas Disablitas guna mencatat semua kendala serta mendiskusikan tantangan dalam pemenuhan hak penyandang disabilitas di wilayah Provinsi Kalteng.

Dia mengatakan, “melalui pertemuan ini, menandai semua tentang upaya-upaya terbaik bagaimana kita turut di dalam melindungi dan mengayomi kepada teman-teman penyandang disabilitas”, tutur Wagub.

Wagub menyatakan Pemerintah Kalteng melalui kegiatan atau program yang dijabarkan melalui SOPD masing-masing diharapkan bisa berperan aktif melibatkan dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada penyandang disabilitas untuk berbuat lebih banyak.

Dijelaskan salah satu contoh di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng, Gubernur Kalteng sangat intens sekali terkait dengan program kemandirian dalam rangka pemulihan ekonomi karena dampak dari Pandemi COVID-19 yang dirasakan seluruh masyarakat termasuk penyandang disabilitas.

Pada tahun 2022 lalu, Pemprov Kalteng memberikan bantuan produktif bagi 5.000 UMKM. Pada tahun 2023 ini, bantuan akan diberikan bagi 15.000 pelaku UMKM.

“Kita memiliki tujuan yang sama bagaimana melibatkan, mengayomi, melindungi, bahkan teman-teman disabilitas ini memiliki kesempatan yang sama untuk bisa tampil, berkreasi, berinovasi.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan ruang seluas-luasnya bagi penyandang disabilitas yang mau berusaha, bangkit, dan mendapatkan kehidupan yang layak”, tandasnya.

Wakil Ketua Komnas Disablitas Deka Kurniawan dalam sambutannya mengapresiasi Pemprov Kalteng dalam pemenuhan hak penyandang disabilitas.

“Kami melihat upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, berdasarkan informasi Dinas Ketenagakerjaan sudah bersiap-siap melaksanakan salah satu mandat Undang-Undang membentuk Unit Layanan Disabilitas/ULD yakni Unit Layanan Disabilitas Untuk Ketenagakerjaan yang sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial, ini merupakan bagian-bagian yang sangat mengembirakan bagi kami”, kata Deka.

Audensi dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Setda Prov. Kalteng Katma F. Dirun, Kepala Perangkat Daerah Kalteng terkait serta para penyandang disabilitas yang ada di wilayah Prov Kalteng. Hadir juga Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kalteng Junia Rendi serta Organisasi Penyandang Disabilitas mewakili seluruh Disabilitas di Provinsi Kalteng.(drt/KPO-1)

Iklan
Iklan