Ribuan Pemudik Kembali ke Kalsel Melalui Bandara, Hari ini Kapal Laut

Banjarbaru, KP – Sebanyak 4.824 pemudik hari ini kembali ke Kalimantan Selatan (Kalsel) via Bandara Internasional Syamsudin Noor di Kota Banjarbaru.

“Arus balik hari ini dilayani 35 penerbangan berasal dari sembilan kota menuju Bandara Syamsudin Noor,” kata Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Ahmad Zulfian Noor di Banjarbaru, Selasa (25/4).

Adapun untuk keberangkatan sepanjang hari ini mengangkut 4.264 penumpang dari 36 penerbangan.

Zulfian menyebut sejak H-8 pada 14 April hingga hari H+1 Lebaran 24 April 2023, baru hari ini jumlah penumpang yang datang lebih banyak daripada yang berangkat.

Hal itu menandakan arus balik telah dimulai di Bandara Syamsudin Noor seiring berakhirnya masa libur nasional dan cuti bersama Lebaran.

Manajemen Angkasa Pura I mencatat pada masa arus mudik tahun ini terhitung sejak 14 hingga 24 April 2023 total penumpang berangkat dari Bandara Syamsudin Noor sebanyak 58.582 orang dari 411 penerbangan.

Sementara penumpang yang datang sebanyak 32.140 penumpang dari 413 penerbangan.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus balik yang diprediksi terjadi pada sepanjang pekan ini, manajemen Bandara Syamsudin Noor telah menyiapkan penerbangan ekstra jika diperlukan.

Berita Lainnya
1 dari 3,069

Sementara untuk wilayah pelabuhan juga diantisipasi kemungkinan mbludaknya arus balik

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas 1 Banjarmasin sudah melakukan koordinasi agar berjalan lancar dan aman.

Kedatangan kapal penumpang direncanakan akan tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada hari ini Rabu (26/4).

Dikatakannya , untuk angkutan lebaran, khususnya arus balik, ada lima kapal yang nantinya akan dioperasikan.

“Untuk hari pertama, ketibaan kapal yang masuk dari Surabaya pada 26 April ada 2 kapal.

Satu dari PT DLU, yaitu KM Dharma Kartika IX, dan dari PT BLS yakni KM Niki Sae,” ujarnya

Rencananya Kapal Dharma Kartika IX akan tiba sekitar pukul 14.00 WITA dan diperkirakan kembali berangkat pukul 20.00 WITA.

Sedangkan KM Niki Sae tiba pada malam hari, sekitar pukul 19.00 WITA Dan akan berangkat pada 27 April dini hari.

Sedangkan kapal ketiga, direncanakan akan tiba pada tanggal 27 April, pukul 08.00 WITA. Dan akan berangkat di tanggal yang sama, pukul 13.30 WITA. (yul/ant/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya