Embarkasi Banjarmasin Lepas Ratusan Jamaah Haji Kloter Pertama

Banjarbaru, KP – Embarkasi Banjarmasin resmi memberangkatan ratusan jamaah haji kloter pertama yang berasal dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah pada Senin (29/05/2023), di Asrama Haji Banjarmasin di Banjarbaru.

Kegiatan pelepasan jamaah haji ini diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan ini dihadiri langsung oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, Staf Khusus Kementerian Agama Republik Indonesia, Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Selatan termasuk Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan.

Penyelenggaraan haji tahun 2023 ini mengangkat tema Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia.

Badan Pengelola Keuangan Haji Kalimantan Selatan yang diketuai oleh Dr. H Muhammad Tambrin yang juga bertindak sebagai Kepala Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan melaporkan jamaah yang akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Syamsudin Banjarmasin sejumlah 5.430 jamaah, 3.818 jamaah Kalimantan Selatan dan 1.512 jamaah Kalimantan Tengah.

Pada keberangkatan kloter BDJ-01 akan berangkat pada pukul 16.30 WITA yang langsung diterbangkan ke Madinah, tanpa transit.

Dilanjutkan sambutan dari Staf Khusus Kemenag RI yang mewakili Menteri Agama RI selaku juru bicara membacakan sambutan Menteri Agama RI berpesan Ibadah haji memerlukan persiapan fisik yang prima, perlu adaptasi dengan kondisi di arab saudi yang memiliki cuaca yang lebih panas dibanding Indonesia.

Tahun ini merupakan keberangkatan haji yang lebih banyak memberangkatkan jamaah berusia lansia dibanding tahun sebelumnya.

Pesannya kembali manfaatkan kesempatan beribadah haji dan kementerian agama telah menyiapkan fasilitas dan pelayanan kepada jamaah Indonesia di Arab Saudi.

Dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor yang kerap disapa Paman Birin sekaligus melepas jamaah haji Kalimantan Selatan.

Paman Birin mengajak jamaah secara bersama-sama untuk melantunkan kalimat talbiyah haji yang akan dilontarkan saat menunaikan haji. Paman Birin juga berpesan agar jamaah dapat menjaga kesehatan selama berhaji dan saling rukun antar jamaah di Kalimantan Selatan.

“Jamaah dapat menjaga kesehatan selama berhaji dan saling rukun antar jamaah di Kalimantan Selatan,” harap Paman Birin.

Paman Birin menyerahkan secara simbolis bendera Indonesia kepada Petugas Ibadah Haji Banjarmasin sebagai tanda pelepasan jamaah embarkasi Banjarmasin menuju tanah suci.

Kegiatan pembukaan diakhiri dengan doa dan mengantarkan jamaah menuju bus keberangkatan.

Kepala Kantor Wilayah, Faisol Ali dan Kepala Divisi Keimigrasian, Junita Sitorus menempelkan stiker Imigrasi pada bus keberangkatan. Faisol Ali berharap para jamaah haji dalam keadaan sehat dan menjadi haji mabrur dan tetap memperhatikan dokumen perjalanan selama di luar negeri.

“Semoga para jamaah haji yang berangkat dalam keadaan sehat dan menjadi haji mabrur, selain itu juga dalam administrasi perjalanan agar tetap memperhatikan dokumen perjalanan termasuk paspor selama di luar negeri, agar tidak hilang sehingga perjalanan ibadah haji dapat berjalan lancar sampai kembali di tanah air,” ungkapnya.

Jajaran Divisi Imigrasi Kantor Wilayah dan Kantor Imigrasi Banjarmasin turut berhadir pada kegiatan pelepasan jamaah haji. (KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya