Iklan
Iklan
Iklan
POLITIKA

KBA KPU Harapkan Penyelenggara Pemilu Profesional dan Bertanggungjawab

×

KBA KPU Harapkan Penyelenggara Pemilu Profesional dan Bertanggungjawab

Sebarkan artikel ini
ALUMNI - Keluarga Besar Alumni Komisi Pemilihan Umum (KBA KPU) se-Kalsel usai melaksanakan reuni sekaligus halal bi halal, di Rumah Alam, Sabtu (20/5/2023), di Banjarmasin. (KP/Ist)

Banjarmasin, KP – Ketua Keluarga Besar Alumni Komisi Pemilihan Umum (KBA KPU) Kalsel, Dr H Mohammad Effendy mendesak para penyelenggara Pemilu di Kalsel untuk bisa bekerja secara profesional, mandiri, dan penuh tanggung jawab.


“Penyelenggara Pemilu harus bekerja profesional, mandiri dan bertanggungjawab, terutama pada Pemilu 2024,” kata Effendy pada Reuni dan Halalbihalal KBA KPU se-Kalsel, Sabtu (20/5/2023) di Rumah Alam Banjarmasin.


Menurut akademisi Fakultas Hukum ULM Banjarmasin ini, pihaknya sangat prihatin dengan situasi terkini, karena adanya indikasi kuat kepentingan-kepentingan pihak luar hendak merasuki para penyelenggara.


“Padahal awal terbentuknya KPU, sesuai amanat reformasi, desain KPU sangat ideal dan masing-masing penyelenggara punya idealisme tinggi,” ujar ahli tata negara ini.


Dia pun mengingat penyelenggara pemilu agar semakin berhati-hati, mengingat saat ini kekuatan oligarki telah memasuki segala lini. “Jadi, kalian para penyelenggara, bekerjalah sesuai tupoksi, sesuai amanah,” tegas Effendy.


Terkait KBA KPU se-Kalsel, dia menjelaskan, bermula dari mandat mantan anggota KPU RI, agar di Kalsel juga membentuk KBA KPU.

“Alhamdulillah, di Kalsel sudah terbentuk sejak setahun yang lalu,” ungkap mantan anggota KPU Kalsel periode 2003-2008.


Tujuannya, KBA tidak lain nantinya dapat memberikan saran/masukan bagi penyelenggara. (lyn/KPO-1)

Iklan
Baca Juga:  Kampanye Diperbolehkan di Perguruan Tinggi, Ini Syaratnya
Iklan