Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BalanganBANUA KITA

Petani Karet Batumandi Dibekali Mengatasi JAP

×

Petani Karet Batumandi Dibekali Mengatasi JAP

Sebarkan artikel ini

Paringin, KP – Untuk menambah wawasan para petani karet, Dinas Ketahan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan menggelar Bimtek Tanaman Perkebunan di Desa Kasai Kecamatan Batumandi, belum lama tadi.

Staf Bidang Perkebunan DKP3 Balangan Asmadi mengatakan, “karet merupakan komoditas unggulan di Balangan yang banyak memberikan kontribusi besar kepada pendapatan petani, namun perlu diwaspadai serangan penyakit jamur akar putih yang menyerang tanaman tersebut”.

Menurutnya, jamur akar putih (JAP) disebabkan oleh “Rigidiporus Microporus”, merupakan salah satu penyakit berbahaya pada tanaman karet yang dapat mengakibatkan kematian tanaman dengan intensitas sangat tinggi, sehingga mempengaruhi turunnya hasil produksi.

“JAP menyerang akar tunggang maupun akar lateral yang dapat mengakibatkan kematian, terutama pada tanaman karet berumur dua hingga empat tahun, dimana penularannya melalui kontak akar tanaman sehat dengan akar tanaman yang terserang serta melalui hizomorf yang menjalar bebas dalam tanah”, ungkapnya.

Oleh karena itu, ditambahkannya, penyelenggaraan pelatihan yang dimaksudkan untuk memberikan dan meningkatkan serta keterampilan kepada petani karet mengenai pengendalian JAP tersebut.

“Hal yang penting juga selain bagaimana cara pengendalian penyakit tentunya ada hal penting lainya seperti bagaimana cara pengolahan bibit karet yang berkualitas,” imbuhnya. (srd/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Disparpora Kotabaru Berpartisipssi di Indokraf Expo 2023 Bali
Iklan