Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Barito TimurKALTENG

RSUD Tamiang Layang – BNNP Kalteng Tanda Tangani Kerja Sama

×

RSUD Tamiang Layang – BNNP Kalteng Tanda Tangani Kerja Sama

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh didampingi Kepala BNNP Kalteng menyaksikan penandatangan kerjasama antara BNPP Kalteng yang diwakili Kabag Umum Bintari Rahayu dengan RSUD Tamiang Bintari yang diwakili direktur rumah sakit dr Vinny Safari, di Tamiang Layang, Rabu ( 17/5/2023 ). (kp/ist)

Tamiang Layang, KP – Pemkab Bartim menandatangani perjanjian kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi ( BNNP ) Kalimantan Tengah tentang rehabilitas Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif ( Napza ) bagi pecandu dan korban.

“Kerjasama ini khusus rehabilitasi bagi pecandu dan korban saja, dengan syarat atas permintaan sendiri,” kata Kepala BNNP Kalteng, Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto di Tamiang Layang, Rabu. ( 17/05/2023 )

Menurutnya, rehabilitasi merupakan salah satu upaya penanganan penyalahgunaan narkoba dan diharapkan melalui lembaga rehabilitasi Napza dan merupakan bagian dari program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh mengatakan, Pemerintah Kabupaten Barito Timur sangat mendukung adanya rehabilitasi (detoksifikasi), dengan adanya Balai Rehabilitasi yang merupakan bagian dari kerjasama dengan BNNP Kalteng maka diharapkan dapat memberikan layanan rehabilitasi yang sesuai dengan kebutuhan bagi para korban penyalahgunaan narkoba.

“Kita berharap para korban penyalahgunaan narkoba mampu kembali pulih dan produktif di masyarakat,” kata Habib Saleh.

Dia menjelaskan, dalam menangani permasalahan P4GN diperlukan sinergi yang harmonis dari semua pihak terutama dari penyelenggara layanan rehabilitasi yaitu RSUD Tamiang Layang, masyarakat, dan BNN.

Penandatanganan perjanjian kerjasama merupakan langkah awal yang diharapkan dapat membangun harmonisasi dan hubungan baik provinsi dan daerah dalam mendukung program P4GN.

“Besar harapan kami agar generasi muda di Kabupaten Barito Timur sehat dan bebas dari Narkoba,” kata Habib Saleh.

Direktur RSUD Tamiang Layang, dr. Vinny Safari mengatakan, sebagai pihak telah melakukan kerjasama dengan BNNP Kalteng maka sumber daya manusia RSUD Tamiang Layang untuk melaksanakan pelayanan di Poli konseling.

“Ada tiga dokter umum dan satu orang psikologi yang sudah mendapatkan pelatihan dari BNN. Mereka itu yang diberdayakan untuk melaksanakan pelayanan di Poli konseling,” kata dr Vinny.

Baca Juga:  Tekan Penyebaran Covid – 19, Wabup Bartim Sosialisasikan Prokes Ke Masyarakat

Ditegaskan dr Vinny, pihak rumah sakit terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien. Hingga saat ini, kata dia, belum ada pasien yang perlu penanganan rawat inap.

“Jika ada pasien rawat inap maka kita akan rujuk ke rumah sakit atau BNNP Kalteng,” kata dr Vinny. (vna/k-10)

Iklan
Iklan