Berdiri IKN, Advokat Kalsel Harus Siap Bersaing

BANJARMASIN – Advokat di Kalimantan Selatan (Kalsel) harus siap hadapi tantangan. dan mampu bersaing bila Ibu Kota Negara (IKN) pindah ke Kalimantan.

“Ya, jangan sampai Advokat di Kalsel menjadi tamu di rumah sendiri. Jadi harus lebih siap. Karena mereka akan menjadi advokat di Ibukota Negara,” tegas Ketua Umum DPP Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN), Dr H Dardam Achyar SH MH, ditanya wartawan, Sabtu (23/9/2023).

Dr Dardam Achyar,  juga merupakan Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) tekankan kalau  Kalsel bakal menjadi salah satu daerah penyangga IKN nantinya.

“Seiring hal itu, persaingan di segala aspek bakal terjadi. Tak terkecuali di bidang pendamping hukum bagi masyarakat, tambah Dr Dardam Achyar, yang berada di Kalsel punya misi yakni selain bersilaturahmi, dan tak kalah penting adalah untuk mendorong agar para advokat terus berbenah, guna menghadapi tantangan di depan.

“Kedatangan kami tak lepas untuk berdialog bagaimana teman-teman mempersiapkan diri untuk perpindahan ibukota. Ini sangat penting dan ini yang akan kami dialogkan,” ujarnya didampingi Wakil Bendahara Umum DPP PERADI, Ernawati SH MH dan Koordinator Wilayah Ikadin Kalsel, Syahrani SH MH.

Berita Lainnya
1 dari 3,073

Lebih jauh dikatakan langkah-langkah perbaikan itu dapat dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya tadi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) , peningkatan kualitas, termasuk peningkatan spesialisasi.

Advokat di Kalsel, mesti sudah dapat mengidentifikasi problematika hukum apa saja yang bakal terjadi dalam proses pemindahan ibukota negara.

“Jadi apa yang paling dominan masalah tanahnya, masyarakatnya, pendidikan, kesehatannya. Ya ini salah satu tugas terberat teman-teman IKADIN di Kalsel,” ucapnya.

Ia berharap, ke depan para advokat di Kalsel dapat menjadi contoh positif dalam dunia penegakan hukum di Indonesia.

“Kalian-kalian akan selalu dipotret kehidupan penegakan hukum secara nasional,” tegasnya

Diketahui, kedatangan Dr Adardam Achyar juga mengikuti pelantikan pengurus DPC Peradi Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar,  yang  digelar di Novotel Banjarbaru dilantik Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional erhimpunan Advokat Indonesia  (Peradi) Prof Dr Otto Hasibuan SH MM. (KPO-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya