Iklan
Iklan
Iklan
HUKUM & PERISTIWA

Karhutla Rambah Hutan Galam di Kawasan Gubernur Sarkawi Banjarbaru

×

Karhutla Rambah Hutan Galam di Kawasan Gubernur Sarkawi Banjarbaru

Sebarkan artikel ini
Satgas Karhutla Kalsel, memadamkan titik api yang terus bermunculan di hutan galam kawasan jalan Gubernur Sarkawi, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu, (15/102023) (Kalimantanpost.com/Antara)

BANJARBARU, Kalimantanpost.com – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan, meluas hingga merambah hutan galam di kawasan Jalan Gubernur Sarkawi Kilometer 17 yang merupakan akses utama menuju Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru.

Satuan Tugas Karhutla Kalimantan Selatan dari Dinas Sosial, Manggala Agni, BPBD Kalsel, Relawan Damkar dan TNI-POLRI, berjibaku memadamkan sebaran titik api yang bermunculan di kawasan yang juga menjadi jalan alternatif Banjarbaru-Barito Kuala.

Kepala Bidang Penanganan Bencana Dinas Sosial Kalsel, Achmad di Banjarbaru, Minggu (15/10/2023), menyampaikan Satgas Karhutla yang berjaga di Kawasan Guntung Damar digeser secara bertahap untuk memperkuat dan optimalisasi pemadaman di Jalan Gubernur Sarkawi.

“Kita perkuat nampaknya, kalau di Guntung Damar sudah ada penurunan, sisa pembasahan bahkan juga ada hujan, sedangkan di sini belum ada hujan tapi kebakaran semakin meluas di sini, oleh karena itu kita memperkuat di daerah Jalan Gubernur Sarkawi,” kata Achmadi.

Lebih lanjut, Achmadi menambahkan pasukan gabungan memadamkan titik api dengan menghabiskan 70 ribu liter air yang dipasok menggunakan truk tangki, namun belum mampu mengatasi titik api yang bermunculan di kawasan tersebut sejak pagi hingga menjelang malam.

“Karena lahan gambutnya yang begitu tebal, dan menggunakan air yang begitu banyak sampai saat ini masih belum bisa kita atasi, hanya di lahan satu hektare saja,” tutur Achmadi.

Sementara itu, Anggota Manggala Agni Fitrio Ginanjar, mengaku bersama rekan dan jajaran satgas lainnya telah dua pekan berada di lokasi kebakaran lahan kawasan Jalan Gubernur Sarkawi. (Ant/KPO-3)

Iklan
Baca Juga:  Pria Tua Ditemukan tak Bernyawa Dalam Rumah
Iklan