Bappedalitbang Gelar Pra Rakordalev Rencana Pembangunan Daerah Kalteng

Palangka Raya, KalimantanPost.com – Guna penyelarasan data untuk Rakordalev (Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi) Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Pra Rakordalev di Palangka Raya Kalteng, Senin (13/11)

Kegiatan Pra Rakordalev Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 ini dilaksanakan dalam rangka sinkronisasi data capaian pembangunan daerah tahun 2023 yang akan digunakan sebagai dasar evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.

Evaluasi terhadap pelaksanaan rencana pembangunan daerah ini penting agar target-target indikator yang telah direncanakan dan ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) maupun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dapat terkendali ketercapaiannya sesuai rencana.

Kepala Bappedalitbang Kalteng Leonard S. Ampung saat membuka acara mengatakan, saat ini kita sudah berada di Triwulan IV atau sudah mendekati akhir tahun anggaran, karenanya perlu perhatian dan keseriusan dalam melaksanakan program/kegiatan agar tidak terjadi ketidaktercapaian target kinerja.

Provinsi dan kabupaten/kota dengan semua perangkat daerah provinsi, dan perangkat daerah kabupaten/kota harus berupaya keras lagi dalam bekerja.

“Bagi Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023 merupakan tahun kedua RPJMD, karenanya mari dari awal kita bekerja keras agar target rencana tahunan pembangunan daerah ini bisa tercapai,” ungkapnya.

Leonard menambahkan, tugas Bappeda ada dua, yakni Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi kemudian tugas lainnya yang kedua dari Bappeda adalah Penelitian dan Pengembangan. Terkait tugas perencanaan outputnya adalah rencana, dan tugas Pengendalian dan Evaluasi outputnya adalah Data Capaian Dari Rencana atau disebut Capaian Kinerja yang outcomenya adalah terlaksananya rencana pembangunan daerah.

Berita Lainnya
1 dari 2,276

Rencana adalah apa yang kita kenal dengan RPJPD, RPJMD, dan RKPD atau disebut Dokumen Rencana Pembangunan Daerah. Di tingkat Perangkat Daerah disebut dengan Renstra Renja.

Kepala Bappedalitbang Kalteng fdiakgir sambutannya mengemukakan mengevaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah menjadi masukan untuk mengetahui potensi dan kekuatan daerah dengan melihat rencana program yang berhasil, serta dapat diketahui permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan.

Dikemukakan, tugas Bappeda dalam Pengendalian dan Evaluasi adalah mengevaluasi Rencana Pembangunan Daerah, apakah yang direncanakan terlaksana sesuai rencana.

Kemudian yang dievaluasi adalah ketercapaian tujuan pembangunan daerah dan sasaran pembangunan daerah, “serta ketercapaian program dan kegiatan sesuai rencana dalam tiap tiap dokumen Rencana, pungkas Leonard.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan Daerah Luqman Alhakim menjelaskan Pra Rakordalev Rencana Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 ini diselenggarakan selama dua hari, pada tanggal 13-14 November 2023.

“Maksud Pra Rakordalev Rencana Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 ini adalah menyinkronkan data capaian rencana pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota tahun 2023,” jelas Luqman.

Luqman menambahkan, keluaran dan hasil yang ingin dicapai dari Data Capaian Kinerja Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023, sebagai bahan masukan bagi rencana pembangunan daerah tahun berikutnya.

Kegiatan tersebut dihadiri dalam Perangkat Daerah lingkup Provinsi Kalteng, dan Kepala Bappeda Kab/Kota se-Kalimantan Tengah.(drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya