Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Hajar Brazil 3-0, Argentina Tantang Jerman di Semifinal Piala Dunia U-17

×

Hajar Brazil 3-0, Argentina Tantang Jerman di Semifinal Piala Dunia U-17

Sebarkan artikel ini
Aksi pesepak bola Timnas Argentina Mariano Gerez menggiring bola saat menghadapi Timnas Brasil dalam perempat final Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium, (Kalimantanpost.com/Antara)

JAKARTA, Kalimantanpost.com – Argentina menantang juara Eropa, Jerman dalam pertandingan semifinal Piala Dunia U-17 yang akan digelar di Stadion Manahan Solo, Selasa (28/11/2023).

Argentina melaju ke semifinal usai menumbangkan juara bertahan Brazil melalui hattrick dibuat Claudio Echeverri dalam pertandingan perempat final Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Jakarta International Stadium, JIS, Jakarta, Jumat (24/11) malam.

Android

Sementara, juara Eropa U-17, Jerman menundukkan saingan beratnya Spanyol dengan skor tipis 1-0.

Usai pertandingan antara tim samba melawan tim Tango, pelatih timnas Brazil U-17 Phelipe Leal menilai timnas Argentina U-17 dapat meraih kemenangan, karena mampu memanfaatkan peluang kecil menjadi sebuah gol.

“Dalam pertandingan hari ini, kami sudah membayangkan jika laga akan berjalan dengan ketat, (berakhir dengan) skor tipis. Tapi, itulah sepak bola, lawan kami bisa memanfaatkan peluang yang ada, kebobolan juga sudah terjadi, dan kami harus akui kelebihan Argentina,” kata Phelipe Leal saat ditemui di mixed zone usai pertandingan.

Faktor kurang klinis di lini depan menjadi kendala Brazil selama pertandingan. Tiga penyerang depan yaitu Rayan, Kaua Elias dan Estevao dibuat mati kutu oleh rapatnya barisan pertahanan tim Tango.

Sementara itu, sang kapten Argentina Echeverri mampu memanfaatkan momentum untuk menjadikan sebuah gol. Pemain berjuluk “Si Iblis Kecil tersebut” memporak-porandakan pertahanan Tim Samba dengan mencetak tiga gol pada menit ke-28, 58 dan 72.

“Kami harus sadar mereka lebih baik, kami harus terima kekalahan ini. Brazil berhenti hari ini di Piala Dunia U-17 2023, dan selamat untuk Argentina U-17 karena bisa memanfaatkan peluang-peluang yang ada di pertandingan. Mereka juga main lebih tenang. Kami akan lakukan evaluasi karena masih banyak waktu untuk itu,” kata Phelipe Leal.

Baca Juga:  Celtics Puncaki Klasemen Usai Satu Bola, 102-100 atas Grizzlies di NBA

Ditanya mengenai kendala lapangan, Leal menampik bahwa ada kendala di lapangan meski diguyur hujan dan membuat kondisi lapangan menjadi licin. Leal mengatakan kedua tim bermain di kondisi lapangan yang sama dan tidak ada kendala sama sekali.

“Lapangan licin untuk kedua tim, bukan hanya Brazil saja. Seperti yang saya katakan, di laga ini pemain harus memanfaatkan peluang yang ada, dan Argentina bisa melakukan itu, sedangkan Brazil tidak bisa, dan itu bisa mempengaruhi hasil,” katanya.

Jalannya pertandingan antara Argentina melawan Brazil berjalan sengit selama 15 menit. Tim Tango mengambil inisiatif serangan melalui sektor kiri. Brazil kerap kesulitan mengembangkan permainan dengan umpan-umpan panjang yang langsung mengarah ke dua lini sayap mereka.

Di menit ke-25, melalui serangan balik Estevao mampu mengirimkan umpan silang ke sektor kanan pertahanan Argentina, namun tidak ada satu pun pemain Brazil yang dapat menyambut umpan Estevao.

Tiga menit berselang, Argentina langsung membalas serangan Brazil. Pergerakan individu dari Echeverri meliuk-liuk di barisan pertahanan Brazil. Echeverri mendapatkan ruang dan melesatkan tembakan yang sempat memantul mengenai Da Mata, Phillipe Gabriel tak dapat menjangkau bola dan membuat skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Argentina.

Brazil seperti mati kutu menghadapi agresivitas lini belakang Argentina yang melakukan pressing. Pergerakan dari Rayan, Kaua Elias dan Estevao mampu terus dibendung. Sementara lini tengah Brazil, kerap kecolongan bola.

Hingga babak pertama berakhir, keunggulan 1-0 untuk Argentina bertahan.

Memulai babak kedua, Brazil langsung tampil menekan dengan kombinasi serangan umpan satu-dua.

Hingga 50 menit pertandigan berjalan Brazil telah melepaskan sepuluh tembakan dengan empat diantaranya mengarah ke gawang, sementara Argentina melepaskan sembilan tembakan ke gawang dengan dua diantaranya mengarah ke gawang.

Baca Juga:  Taklukkan Kanada, Uzbekistan Bawa Asa Lolos ke-16 Besar

Echeverri kembali menunjukkan tarian dengan meliuk-liuk melewati dua pemain Brazil dan melepaskan tembakan ke sisi kanan gawang Gabriel. Di menit ke-58, Argentina unggul 2-0.

Menit ke-64, Argentina memperoleh peluang emas melalui Subiabre yang melesatkan tembakan dari dalam kotak penalti. Phelipe Gabriel mampu menepis bola.

Melalui skema serangan balik, umpan terobosan Agustin Roberto mampu diselesaikan dengan mudah oleh Echeverri yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Gabriel. Echeverri dengan mudah melewati Gabriel dan menyontek bola ke arah gawang yang kosong. Argentina unggul 3-0 di menit ke-72.

Pemain Argentina terus membombardir pertahanan dari Brazil melalui dua sektor sayap. Hingga menit ke-80, Argentina telah melancarkan 16 tembakan dan enam diantaranya mengarah ke gawang. Sementara Tim Samba melesatkan 12 tembakan dengan lima tembakan mengarah ke gawang.

Hingga peluit akhir pertandingan, skor 3-0 bertahan untuk kemenangan Argentina atas juara bertahan Brazil. (Ant/ful/KPO-3)

Hasil Perempat Final Piala Dunia U-17 2023.
Jumat (24/11/2023)

  • Jerman vs Spanyol 1-0
  • Argentina vs Brazil.3-0

Jadwal Perempat Final Piala Dunia U-17 2023
Stadion Manahan, Solo

Sabtu 25 November 2023
Pukul : 15.30 WI

  • Perancis vs Uzbekistan

Pukul 19.00 WIB

  • Mali vs Maroko U-17

Jadwal Semifinal Piala Dunia U-17 2023
Selasa, (28/11/2023)
Venue: Stadion Manahan, Solo

  • Argentina vs Jerman
  • Pemenang Prancis U-17 vs Uzbekistan vs Pemenang Mali U-17 vs Maroko U-17

Perebutan Juara 3
Jumat (1/12/2023) Puk 19.00 WIB
Venue: Stadion Manahan, Solo

Final Piala Dunia U-17 2023
Sabtu, (2/12/2023)
Pukul 19.00 WIB
Venue: Stadion Manahan, Solo

Iklan
Iklan