Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATapin

Pemkab Tapin Kaji Tiru Mini Mal Pelayanan Publik Kecamatan Sukodono 

×

Pemkab Tapin Kaji Tiru Mini Mal Pelayanan Publik Kecamatan Sukodono 

Sebarkan artikel ini
Pj BUPATI TAPIN - Muhammad Syarifuddin meninjau langsung Mini Mal Pelayanan Publik Kecamatan Sukodono Kab Sidoarjo. (KP/Abdillah)

Rantau Kalimantanpost.com – Dalarn rangka membuka pelayanan publik di Kecamatan atau Mall Pelayanan Publik Mini di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Tapin, Pemerintah Kabupaten Tapin melakukan kaji tiru ke Mini Mall Pelayanan Publik Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo.

Kaji tiru langsung dipimpin oleh Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dan diterima oleh pengelola Mini Mal Pelayanan Publik Kecamatan Sukodono. Kamis (9/11/2023) kemarin.

Dipilihnya MMPP Kecamatan Sukodono karena saat ini adalah satu-satunya kantor kecamatan di Indonesia yang mampu mendirikan Mini Mall Pelayanan Publik di Kecamatan sehingga warga masyarakat setempat di kecamatan tidak repot lagi mengurus administrasi pelayanan publik tanpa harus ke Kabupaten cukup di kecamatan saja.

Penjabat Bupati Tapin, Muhammad Syarifuddin seusai melakukan kunjungan kerja ke Mini MPP Kecamatan Sukodono mengatakan, bahwa kunjungan ini tidak lain untuk melihat langsung mini MPP dan pelayanan apa saja yang bisa di implementasilan di mini MPP.

“Kita ingin melihat perbedaan antara MPP Kabupaten dengan Mini MPP yang berada di Kecamatan,” jelasnya.

Diakui Syarifuddin, di Mini MPP Kecamatan Sukodono ini mampu memberikan pelayanan publik, ada sebanyak 12 Pelayanan diantaranya mulai dari layanan kependudukan, layanan pajak daerah, Ketenagakerjaan, SKCK, Online, KUA, BPJS, dan layanan perbankan.

Oleh karenanya, MMPP kecamatan Sukodono mampu memberikan pelayanan publik, tentunya ini yang kita kaji, untuk kita terapkan di kecamatan Se Kabupaten Tapin.

“MMPP Kecamatan Sukodono sudah mampu memberikan pelayanan publik, nantinya dapat kita terapkan di Mini MPP Kecamatan yang ada di Kabupaten Tapin,” katanya.

Namun untuk menerapkan Mini MPP di Kecamatan yang ada di kabupaten Tapin sedikit kesulitan yakni terkendala jaringan internet, melihat dari pelayanan diberikan semuanya membutuhkan internet, kalau daerah kita akses internet masih kurang merata hanya berada di perkotaan yang jelas ada internet.

Baca Juga:  Pj Bupati Lepas 106 Kontengan Atlit Popda Tapin

“Namun kita tetap mencoba menerapkan pelayanan publik dikecamatan, terlebih dulu yang ada jaringan internetnya serta dukungan  sumberdayaanusia dan infrastrukturnya,” katanya.

Pemberian pelayanan publik di kecamatan ini, dalam upaya pemerintah daerah mendekatkan diri kepada masyarakat dalama berbagai pelayanan, artinya pemerintah hadir ditengah masyarakat yang jauh dari perkotaan serta mengetahui kondisi wilayah masing-masing kecamatan.

“Berharap nantinya mini MPP di kecamatan berdiri tetnunya dapat memudahkan dan mendekatkan masyarakat dalam menerima pelayanan publik,” katanya.

Sehingga kalau berurusan pelayanan publik, apabila di kecamatan bisa dilakukan, masyarakat tidak lagi turun ke kabupaten.

Turut serta mendampingi Pj Bupati Tapin Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Hj Fauziah, Kepala Dinas Perindustrian, Kepala Disdukcapil, Kepala Dinas Perkimtam, Kepala Bappelitbang, Kepala Dinas Sosial, Kepala BPKAD, Kepala Dinas PMD serta Camat Se 12 Kecamatan di Kabupaten Tapin. (rel/abd/K-6)

Iklan
Iklan