RSUD H Damanhuri Barabai Genjot Pembangunan IGD Terpadu Tahap Pertama

BARABAI, Kalimantanpost.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Damanhuri Barabai akan memiliki IGD terpadu dengan fasilitas mumpuni.

Sebelumnya, Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi telah melakukan groundbreaking pembangunan IGD pada Jumat, 27 Oktober 2023.

IGD ini akan memiliki 4 lantai dengan fasilitas kesehatan lengkap. Di lantai pertama ada ruang IGD, lantai kedua instalasi laboratorium mulai dari patologi klinik, anatomi sampai mikrobiologi.

Di lantai tiga ruang intensive care disertai cath lab dan lantai empat ruang operasi.

“Nilai kontrak Rp 5,5 miliar. Target selesai akhir tahun ini,” kata Direktur RSUD H Damanhuri Barabai, Nanda Sujud Andi Yudha Utama berapa hari lalu.

dr Nanda menambahkan, pembangunan IGD terpadu ini mendapat dukungan dari Kementerian Kesehatan setelah Bupati HST, H Aulia Oktafiandi dan Sekda H Muhammad Yani beberapa kali melakukan audiensi dengan Kementerian Kesehatan.

Berita Lainnya
1 dari 3,378

“Alhamdulillah RSHD disupport penuh untuk melakukan transformasi pelayanan kesehatan. Ini juga tidak lepas dari kerja sama dengan pemerintah daerah,” ungkapnya.

Kementerian Kesehatan juga mengapresiasi Pemkab HST karena ikut ambil bagian untuk mendukung pembangunan RSHD.

“Sehingga pembiayaan beberapa pembangunan yang akan datang ini adalah kolaborasi antara pemkab dan kemenkes,” tambahnya.

dr Nanda merincikan pembiayaan pembangunan menggunakan dana BLUD rumah sakit sebesar Rp 10 miliar – Rp 15 miliar di tahun 2023. Untuk tahun 2024 menggunakan APBD HST sebesar Rp 50 miliar ditambah bantuan dari APBN sebesar Rp 50 miliar.

“Mudahan pembangunan ini berjalan lancar, dan mohon dukungan dari semua pihak,” harapnya. (Ary/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya