Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Tim Futsal Putra Kalsel ke Final,
Libas Aceh 5-1 di POMNas XVIII 2023

×

Tim Futsal Putra Kalsel ke Final,<br>Libas Aceh 5-1 di POMNas XVIII 2023

Sebarkan artikel ini
TIM FUTSAL PUTRA : akan tampil di final Pomnas XVIII hadapi Tim Bapomi Kaltim. (Kp/nafarin fauzy)

Banjarmasin, KalimantanPost.com – Tim futsal putra Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Kalsel memastikan tiket final pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVIII 2023.

Keberhasilan itu setelah mengalahkan Aceh yang berkesudahan 5-1 dipertandingan babak semifinal, Sabtu (18/11/2023) siang di Borneo Futsal Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Gol kemenangan tuan rumah itu, dihasilkan Akhmad Maulana (menit 22), Muhammad Dinas Firzatullah (menit 19), Muhammad Khairul Rezki (menit 6, dan menit 26)

Muhammad Al Amin (menit 23). Gol balasan Aceh dihasilkan Muhammad Dahnisatari (menit 36).

Dipertandingan putra lainnya, Kalimantan Timur (Kaltim) juga merebut tiket final dengan menyingkirkan Sumatra Barat (Sumbar) yang berakhir 2-1. Dari hasil partai semifinal tersebut,
akhirnya mempertemukan Kalsel dan Kaltim dilaga final yang akan dilangsungkan, Senin (20/11) di Borneo Futsal Banjarmasin.

Sebaliknya, tim futsal putri Kalsel tak mampu berbuat banyak ketika berhadapan dengan Jabar denghan skor telak 2-8. Langkahnya pun terhenti masuk final dan tinggal berharap medali perunggu yang akan menghadapi Jatim. Dimana Jatim harus mengakui ketangguhan DKI Jakarta (0-5). Alhasil, DKI Jakarta versus Jabar akan tersaji dalam laga pemuncak nanti.

“Target awal sudah terpenuhi dengan masuk final. Tinggal kembali fokus menghadapi partai penentu medali emas,” ungkap pelatih futsal Bapomi Kalsel, Amin Kutbi usai pertandingan.

Lawan yang akan dihadapi tim Kaltim cukup bagus, tentu diperlukan kosentrasi dan ekstra kerja keras. “Dari awal babak penyisihan bermain solid. Dengan libur satu hari, bisa melakukan evaluasi dan strategi yang akan diterpakan,” ucapnya.

Pelatih futsal AFP (Asosiasi Futsal Provinsi) Pep Edy Susanto, mengakui peluang tim putra Kalsel untuk menjadi juara dan merebut medali emas POMNas XVIII 2023 cukup besar.

Baca Juga:  Luis Milla Akan Rampingkan Jumlah Pemain Persib

Prediksi saya peluang tuan rumah Kalsel 60-40, dengan catatan anak-anak asuh Amin CS tetap tampil konsisten. Defend atau perrtahanan tim putra Futsal Kalsel sejauh ini luar biasa. Semoga saja di partai final nanti mereka tetap tampil konsistn dan focus. Keberhasilan yang diraih nanti akan menjadi obat untuk futsal Kalsel yang dalam beberapa waktu
lalu gagal di PraPON, kata Pep Edy.

Pep Edy yang pernah mengarsiteki tim Futsal Kancil FC Kalbar di Liga Pro Futsal Nasional, melihat sejauh ini pelatih Amin luar biasa dalam mengatur strategi, ditambah semangat seluruh pemain dalam setiap pertandingan.

Insya Allah medali emas akan berhasil diraih tim futsal putra Kalsel, harap Pep Edy.

Ditempat terpisah, pelatih futsal putri Bapomi Kalsel M Ali Watoni, tetap membangkitkan motivasi para pemainnya. “Memang gagal masuk final, namun masih ada perebutan medali perunggu. Saya sudah sampaikan kepada anak-anak jangan larut dengan kekalahan ini dan bangkit untuk menjadi juara tiga,” tuturnya. (nfr/k-9).

Iklan
Iklan