Bangun Jalur Kereta Api dan Stadion Wasaka

Banjarmasin Kalimantanpost.com – Dalam pertemuan dengan generasi millenial Kota Banjarmasin, Anies Baswedan menjanjikan pembangunan jalur kereta api antara Kota Banjarmasin-Kota Banjarbaru.

Sebagai kota yang terus berkembang, kedua kota perlu jalur transportasi yang murah dan mudah dijangkau.

Namun, pembangunan ini bakal meminta pertimbangan dari mantan menteri perhubungan dan ESDM kabinet Indonesia Maju periode pertama, Ignasius Jonan.

Menurutnya Ignasius Jonan sangat mengerti soal perkeretaapian dan pertimbangannya sangat profesional.

“Untuk pembangunan jalur kereta api, hal pertama yang dilakukan adalah meminta pertimbangan dari Pa Jonan, beliau orangnya profesional dan tidak tergabung dari partai politik,” kata Anies Baswedan.

Selain itu, Ignasius Jonan disebutnya orangnya tegas, kalau dinilai layak maka dibilang layak, kalau tidak layak maka dibilang tidak layak.

Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin intensitasnya lalu lintas cukup tinggi sehingga perlu dibangun transportasi kereta api.

“Kami melihat ini sebagai sebuah ketimpangan yang sangat serius,” kata Anies Baswedan.

Dirinya menginginkan infrastruktur yang ada di Kalsel terjalin dengan baik.

“Kita menginginkan tidak hanya kota yang terbangun, namun kawasan-kawasan di kabupaten,” tutup Anies Baswedan.

Berita Lainnya
1 dari 3,084

Darurat

Sebelum menyapa generasi millenial dari BEM di Kota Banjarmasin, Anis Baswedan sempat melihat spanduk yang bertuliskan Kalsel Darurat Bencana Ekologi dan Deklarasi Desak Anies.

Dalam sesi diskusi dihadapan sekitar 300 orang generasi millenial, Anies Baswedan menjanjikan perbaikan infrastruktur jalan dari Kota Banjarmasin-Kota Banjarbaru, peningkatan kuota haji, persoalan stunting, stadion wasaka, transportasi umum, kereta api hingga kasus perundungan.

Anies juga kembali menyinggung soal pembangunan IKN.

“Anggaran ada sekitar 400 triliun rupiah lebih, mau dipakai apa apa buat cuman 1 titik yang dimanfaatkan oleh PNS/ASN, disaat warga lainnya membutuhkan tambahan puskesmas, sekolah dan lainnya.

“Selain itu, hal urgen lainnya seperti guru honorer, anggarannya kurang, kenapa anggaran IKN dipergunakan untuk hal-hal ini,” sebut Anies Baswedan.

“Ada hall yang urgen, tapi kita malah membangun istana yang dipakai oleh presiden, gimana cara menjelaskannya hal itu,” kata Anies Baswedan.

Sementara, untuk Kalimantan Selatan, anies berencana untuk membangun jalur kereta api dan stadion Wasaka.

“Stadion sepak bola bukan untuk memecah belah tapi untuk mempersatukan dalam sebuah kegiatan bersama, Insya Allah klub kebanggaan Banjarmasin bakal kembali bertanding di sini setelah 5 musim, kita kembalikan lagi di Wasaka International Stadiom, nanti ada 10 kota, stadion yang kita bangun,” katanya.

Sementara, sebutnya dalam forum semua bisa saling berdialog dan menyampaikan secara bebas.

“Ini adalah komitmen kami untuk berdialog dan memberikan ruang kepada anak muda untuk membicarakan persoalan pemilu, pilres dan masa depan, kami memberikan tempat untuk memberikan penjelasan,” sebutnya. (mat/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya