Lebih Dominan Menyerang, Indonesia Ditaklukkan Australia 0-4 di Piala Asia

DOHA, Kalimantanpost.com – Bermain lebih dominan dalam menyerang, namun tim nasional (Timnas) Indonesia harus mengakui ketangguhan
Australia 0-4 dalam pertandingan babak 16 besar Piala Asia 2023 yang berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024) malam.

Kekalahan itu memupuskan harapan Indonesia melangkah Indonesia mengukir sejarah lolos ke perempatfinal Piala Asia

Dipertandingan melawan Australia, pelatih Indonesia Shin Tae-yong sedikit merubah komposisi pemain, ada tiga nama yang sebelumnya dipasang lawan Jepang sebagai starter yakni Rizky Ridho, Pratama Arhan dan Egy Maulana Vikri.

Shayne Pattynama yang selama ini tak pernah diturunkan dalam tiga pertandingan penyisihan grub D, akhirnya dipasang pelatih asal Korea Selatan, sedangkan Pratama Arhan yang biasanya menempati posisi bek kiri kali ini duduk manis di bangku kursi cadangan.

Menariknya lagi dalam line up pemain, Asnawi Mangkualam kembali mengisi bek kanan. Lalu, tak tampilnya Rizky Ridho, untuk posisi centre back diisi Sandy Walsh berpasangan dengan Jordy Amat dan Elkan Baggott

Justin Hubner yang biasanya menempati posisi centre back didorong sebagai gelandang bertahan membantu Ivar Jenner menahan gempuran pemain Australia sekaligus mengatur serangan.

Lalu, Yakob Sauri yang sebelumnya menempati bek kanan didorong ke posisi aslinya sayap kanan dan sayap kiri oleh Marselini Ferdinan, sedangkan striker kembali dipercayakan kepada Rafael Struick.

Dengan menurunkan sembilan pemain abroad ternyata mampu mengimbangi permainan Australia, bahkan Indonesia mendominasi dalam melakukan serangan.

Bedasarkan statistik pertandingan babak pertama
Statistik pertandingan tembakan Indonesia ada lima, dua diantaranya ke arah gawang, sedangkan
Australia hanya tembakan ke arah gawang.

Indonesia tampil diluar dugaan berinisiatif melakukan serangan. Di menit 5, Marselino menerobos dari rusuk kanan pertahan lawan dan memberikan umpan pendek ke Justin Hubner meneruskan ke Rafael. Sayang sontekannya masih tipis di atas mistar gawang.

Australia yang melakukan serangan cepat di menit 12 melalui Irvine dan melakukan tendangan tapi bola membentur kaki Elkan Baggottt hingga merubah arah hingga mengecoh Ernando Ari.

Ketinggalan 0-1, terus menekan. Di menit 16, Indonesia kembali mendapat peluang dari Yakob Sauri, sayang gagal diraih pemain PSM hingga bisa diamankan kiper Australia.

Berita Lainnya
1 dari 2,055

Begitu juga sepakan Justin Hubner di menit 23 terlalu lemah dan tepat dipelukan kiper Australia.

Lalu, di menit 39 umpan silang Marselino cukup memanjakan Yakob, sayangnya tendangan volinya melambung di atas mistar gawang.

Satu menit kemudian giliran Maselino yang tendangannya melambung di atas mistar gawang lawan.

Asyik menyerang, Indonesia sedikit longgar pertahanan hingga dimanfaatkan Boyle dengan membobol gawang Indonesia di menit 44.

Kedudukan 2-0 untuk Australia bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, tempo permainan agak menurun.

Untuk meningkatkan tempor permaunan, pelatih Shin Tae-yong menarik keluar Asnawi dan memasukkan Witan Sulaiman di menit 57

Lalu di menit 74, Yakob Sauri diganti Rizky Ridho. Sandy Walsh pun dikembalikan di posisi aslinya sebagai bek kanan, sedangkan Ridho menempati centre back.

Di menit akhir, fisik pemain Indonesia mulai menurun dan sedikit mengendorkan serangan.

Australia yang melajukan beberapa pemain pelan-pelan menekan hingga menambah dua gol melalui Godwin di menit 88 dan sundulsn di Souttar di menit 90+1.

Hingga pertandingan berakhir, kedudukan 4-0 tak berubah untuk Australia. (ful/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya