Tunggal Putri Indonesia tak Tersisa Usai Gregoria Dikalahkan Nozomi di Indonesia Masters

JAKARTA, Kalimantanpost.com – Indonesia tak lagi menyisakan tunggal putri setelah Gregoria Mariska Tunjung ditumbangkan wakil Jepang Nozomi Okuhara 20-22, 11-21 pada perempat final Indonesia Masters di Lapangan 1 Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (24/1/2024).

Pada gim pertama, Gregoria terus tertinggal dari Okuhara 2-4, 4-5, 7-8. Di awal gim ini, Gregoria terus membuntuti Okuhara. Namun, peringkat 37 dunia itu masih lebih baik setelah menutup interval dengan 11-9.

Selepas interval, Gregoria tak menyerah meladeni permainan agresif dan defend yang solid dari Okuhara. Pebulu tangkis 24 tahun itu lalu menyamakan kedudukan 14-14.

Namun, setelahnya, ia tertinggal cukup jauh 15-18. Gregoria tak menyerah dimana di poin-poin tua, ia menunda Okuhara menyelesaikan gim pertama lebih cepat ketika ia menyamakan skor menjadi 20-20.

Momentum ini sayangnya tidak dimanfaatkan dengan baik oleh peringkat 7 dunia itu setelah ia membuat dua kesalahan, bola pukulannya melebar dan membentur net, yang membuat pemain Jepang itu mengakhiri gim pertama dengan kemenangan 22-20.

Memasuki gim kedua, permainan Gregoria menurun drastis. Ia terpukul ketika Okuhara unggul 4-0 dan menutup interval dengan keunggulan delapan poin saat skor 11-3.

Selepas interval, Gregoria masih tak sanggup keluar dari tekanan dimana beberapa kali pukulannya tak mampu melewati net. Hal ini pun dimanfaatkan dengan baik oleh Okuhara untuk menyelesaikan gim kedua lebih cepat dengan kemenangan 21-11.

Hasil ini kembali mengulangi catatan buruk Gregoria pada awal tahun setelah sebelumnya juga terhenti di perempat final Malaysia Open 2024 dan takluk lebih awal di India Open 2024.

Hal ini membuat Indonesia tak menyumbang wakilnya di semifinal nomor tunggal putri setelah dua wakil sebelumnya Putri Kusuma Wardani dan Ester Nurumi Tri Wardoyo gugur di 16 besar.

Begitu juga di ganda campuran tidak ada yang lolos ke semifinal menyusul kekalahan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati setelah dijegal pasangan Denmark Jesper Toft/Clara Graversen dua gim langsung 15-21, 16-21 di delapan besar.

Sebelumnya Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata, dan Adnan Maulana/Nita Violina Marwah gugur di babak pertama dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari tersingkir di babak kedua. (Ant/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya