3.000 Personil TNI Siap Amankan Pemilu 2024 di Kalteng

Personil yang disiapkan, baik komponen darat, laut maupun udara menggelar kekuatan hampir 3.000 orang, yang diploting untuk pengamanan wilayah Kalimantan Tengah, ini kekuatan internal TNI di luar kekuatan dari Kepolisian.

PALANGKA RAYA, KP — Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah menghadiri Apel Gelar Kekuatan Pengamanan Pemilu Internal TNI Tahun 2024 bersama Panglima TNI secara hybrid, yang diselenggarakan oleh Korem 102 Panju Panjung, yang dipusatkan di Lapangan Makorem 102/Pjg, kemarin.

Apel yang digelar ini diikuti oleh prajurit satuan tempur, satuan banpur dan aparat komando kewilayahan, bertujuan untuk menegaskan komitmen dan kesiapan prajurit jajaran Kodam XII Tanjung Pura, dalam mengamankan wilayah Kalimantan Tengah selama penyelenggaraan pemilihan Presiden, Wakil Presiden dan pemilihan Legislatif tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari yang akan datang.

Pesta Demokrasi yang telah memasuki tahapan penting yaitu masa kampanye, menjelang pemilihan Presiden, Wakil Presiden secara langsung, membutuhkan konsentrasi yang tinggi bagi setiap prajurit terkait tugas pengamanan di lapangan.

Sekda Nuryakin saat menghadiri acara tersebut, menyatakan Pemerintah Daerah pada prinsipnya mendukung apa dilakukan oleh TNI, untuk Pengamanan Pemilu 2024, agar pada saat pelaksanaannya aman dan nyaman.

Menurutnya, ada laporan dari daerah khususnya daerah Barito bahwa saat ini kondisi di sana tengah banjir, dan ada beberapa logistik yang terendam karena beberapa saluran parit yang mampet, namun semua pengamanannya sudah diatasi oleh Pemerintah Daerah bekerjasama dengan TNI, Polri.

“Logistik untuk DAS Barito yang tengah mengalami banjir sudah aman dan semua berada di Kantor KPU, dan nanti 3 (tiga) hari sebelum pelaksanaan Pemilu akan diatur mekanisme distribusinya” ucap Nuryakin.

“Tetapi untuk titik-tiitk yang sulit, yang jauh, serta tidak terjangkau dan tidak ada komunikasi akan diprioritaskan” imbuhnya.

Berita Lainnya
1 dari 2,429

Nuryakin juga mengimbau, agar masyarakat dapat berdemokrasi dengan baik dan cerdas, sehingga nantinya akan terpilih pemimpin yang berkualitas.

Sementara itu, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI.Iwan Rosandriyanto saat membacakan amanat Pangdam XII Tanjung Pura mengatakan bahwa Apel Gelar Kekuatan Pengamanan Pemilu Internal TNI Tahun 2024 ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan naluri antisipasi prajurit TNI.

Menghadapi dan mengatasi setiap kecenderungan perkembangan situasi yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan dan merusak proses berjalannya demokrasi.

“Untuk Korem sendiri, baik komponen darat, laut maupun udara menggelar kekuatan hampir 3.000 orang, yang kita ploting untuk pengamanan wilayah Kalimantan Tengah, ini kekuatan internal TNI di luar kekuatan dari Kepolisian” kata Danrem.

Ia mengingatkan, untuk mendukung tugas di lapangan prajurit dan unsur pengamanan satuan, agar senantiasa bertindak profesional, meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan yang tinggi, serta menjalin hubungan kerjasama yang kuat, erat dan terkolaborasi.

“Ikuti Prosesur yang telah digariskan, patuhi dan pedomani aturan pelibatan perbantuan TNI yang ditetapkan oleh Polri, jaga stabilitas keamanan, yakinkan Pemilu bisa berjalan dengan aman, nyaman dan damai di bumi Kalimantan Tengah” tukasnya.

Senada dengan itu, Kapolda Kalteng Irjen.Pol.Djoko Poerwanto menyebutkan, dengan adanya kegiatan ini menegaskan dan lebih memperkuat sinergisitas TNI, Polri, Forkopimda, Pemda dan semua unsur yang ada di Kalimantan Tengah untuk melaksanakan pengamanan Pemilu damai tahun 2024 dengan situasi aman dan nyaman.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Panglima TNI dan Pangdam XII TPR secara virtual, Forkopimda Provinsi, Bawaslu, KPU, serta Pj. Wali Kota Palangka Raya. (drt/k-10).

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya