Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Kabupaten Berau, Kaltim Diguncang Gempa Magnitudo 2,8

×

Kabupaten Berau, Kaltim Diguncang Gempa Magnitudo 2,8

Sebarkan artikel ini
- Peta menunjukkan gempa tektonik magnitudo 2,8 pada kedalaman delapan kilometer di darat pada jarak 21 kilometer arah barat laut Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Jumat (24/2/2024). (Kalimantanpost.com/Antara/Repro BMKG)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim) diguncang gempa tektonik dengan kekuatan magnitudo 2,8.

Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Balikpapan Rasmid dalam keterangan tertulis di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (23/2/2024) mengatakan gempa tektonik terjadi sekitar pukul 21.16 Wita di darat pada jarak 21 kilometer arah barat laut, Kabupaten Berau, Kaltim, pada kedalaman delapan kilometer.

Android

“Saya mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu maupun informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Ia menuturkan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Mamasa dengan intensitas II-III MMI, getaran dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah, jendela dan pintu bergoyang dan dinding bergoyang.

Rasmid mengungkapkan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Dia menyebutkan jenis dan mekanisme gempa bumi, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang berada di wilayah Kabupaten Berau.

Rasmid mengimbau masyarakat agar menghindar jika ada bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa, kemudian periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa.

Lalu, pastikan tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

“Masyarakat silakan pantau informasi resmi dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang terverifikasi,” ujarnya lagi. (Ant/KPO-3)

Iklan
Baca Juga:  Paman Birin : Dapur Umum Bentuk Kepedulian Terhadap Masyarakat
Iklan