Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OPINI PUBLIK

Ramadhan Yang Di Rindukan

×

Ramadhan Yang Di Rindukan

Sebarkan artikel ini

Oleh : Ustadz DR Syafiq Riza Basalamah Lc,MA

Di antara nikmat-nikmat agung yang Allah berikan kepada hamba-hambaNya adalah Allah Ta’ala menjadikan musim-musim kebaikan, yang mana di musim itu ketaatan bertambah, dosa-dosa dihapuskan, dan kesalahan-kesalahan dimaafkan, kebaikan-kebaikan dilipat gandakan pahalanya.
Allah Ta’ala juga mencurahkan keberkahan yang banyak di Bulan Ramadhan.


Bulan suci Ramadhan. Waktu yang tepat bagi setiap muslim untuk berlomba-lomba mencari berkah dari Allah Ta’ala. Dan di bulan inilah Allah Ta’ala menurunkan kitab suci Al-Quran sebagai petunjuk bagi hamba-hambaNya.


Allah Ta’ala berfirman :
“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS Al-Baqarah [2]: 185)

Dalam menyambut bulan Ramadhan, kita hendaknya mempunyai bekal, di antaranya adalah ilmu tentang Ramadhan dan keinginan. Jika keduanya bersatu di dalam hati, maka insya Allah kita akan dimudahkan untuk beribadah secara baik dan maksimal di dalam bulan suci ini.


Dari dua belas bulan, Allah pilih satu bulan yang penuh dengan berkah, ialah bulan Ramadhan
Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh kaum muslim, sebagaimana dalam bulan ini terdapat berkah yang besar, bahwa pemberian pahala dari Allah di bulan Ramadhan sangatlah besar, dan berkah ini rahasia besar dari Allah kepada kaum muslim.


Begitu besar berkah berkah yang diberikan ini, maka sangat sia-sia lah manusia jika tidak menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan.


Semua amalan manusia akan dilipatgandakan pada bulan suci Ramadhan pemberian pahala sudah ditentukan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.


Dalam hadits Qudsi juga dijelaskan, sebagai berikut:
Semua amal Bani Adam akan dilipat gandakan kebaikan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Azza Wa Jallah berfirman, ‘Kecuali puasa, maka ia untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya.”

Baca Juga:  Dari Peristiwa Isra Mi’rajShalat Hendaknya Mampu Membentuk Kepribadian Luhur

Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu seorang muslim yang hatinya diselimuti dengan iman. Namun apa jadinya jika seorang Muslim tidak tau bagaimana memanfaatkan 1 bulan yang berharga ini? Sungguh rugi tentunya.


Ibarat kita disediakan kebun yang begitu subur tanahnya, apabila kita tanam maka buahnya akan muncul dengan lebatnya, dan kita bebas mau menanam pohon buah seberapa banyak. Kira-kira kita akan memanfaatkan kebun tersebut dengan baik atau justru hanya menanam ala kadarnya?

Jelaslah sudah bagaimana besar berkah di bulan suci Ramadhan sebagaimana yang telah dijanjikan Allah bagi orang-orang yang menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan

Barakallah Fiikum
Editor : Teddy Perkasa ( Tim SRB )

Iklan
Iklan