Sebastian Haller Bawa Pantai Gading Hadapi Nigeria di Final Piala Afrika

PANTAI GADING, Kalimantanpost.com – Gol tunggal Sebastian Haller mengantarkan tim tuan rumah, Pantai Gading menghadapi Nigeria di final Piala Afrika 2023.

Pantai Gading menang tipis 1-0 atas Republik Demokratik (RD) Kongo di Olympic Stadium of Ebimpe pada Kamis (8/2/2024) dini hari WIB.

Satu-satunya gol dalam pertandingan terjadi pada menit ke-65 ketika tendangan voli Haller ke tanah memantul dan melewati kiper Leopards Lionel Mpasi.

Keberhasilan Pantai Gading lolos ke babak final membuat mereka berpeluang untuk meraih gelar Piala Afrika untuk ketiga kalinya. Mereka sebelum pernah juara Piala Afrika pada 1992 dan 2015.

Pantai Gading punya modal tambahan lantaran mereka berstatus sebagai tuan rumah Piala Afrika tahun ini.

Berita Lainnya
1 dari 2,055

Sedangkan Nigeria sudah lebih dulu lolos ke babak final Piala Afrika 2023 setelah menang atas Afrika Selatan lewat adu penalti.

Adu penalti terjadi setelah skor imbang 1-1. Nigeria sempat memimpin lewat gol penalti William Troost Ekong pada menit ke-67, tetapi Afrika Selatan bisa menyamakan kedudukan menjelang akhir babak kedua lewat penalti Teboho Mokoena.

Dalam adu penalti, Mokoena jadi salah satu algojo yang gagal menjalankan tugasnya, begitu juga dengan Evidence Makgopa. Sementara di tim Nigeria, hanya Ola Aina yang gagal mampu mencetak bola. Penalti dari Kelechi Iheanacho lalu memastikan Nigeria melaju ke final dengan kemenangan 4-2 dalam drama adu penalti.

Dengan keberhasilan lolos ke final, Nigeria mengincar trofi Piala Afrika keempat. Mereka sebelumnya telah menjuarai Piala Afrika pada tahun 1980, 1994, dan 2013. (Ant/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya