Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

Anggaran Pendidikan di Kalteng Rp 1,5 Triliun, Belum Capai Kuota Amanat UU

×

Anggaran Pendidikan di Kalteng Rp 1,5 Triliun, Belum Capai Kuota Amanat UU

Sebarkan artikel ini
Plt.Kadisdik Kalteng Reza Prabowo. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Anggaran pendidikan di Kalimantan Tengah (Kalteng) pada 2024 melalui APBD Kalteng mencapai Rp 1,5 triliun. In belum termasuk Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 50 miliar.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Reza Prabowo di Palangka Raya, Kamis (28/3/2024).

Android

Diakuinya dana pendidikan sebesar itu masih belum mencapai kouta amanat UU Pendidikan sebesar 20 persen atau hanya sekitar 18,5 persen dari APBD Kalteng yang mencapai Rp 8,5 triliun di tahun ini 2024.

Dari jumlah itu untuk bidang infrastruktur mencapai Rp 53 milyar , ditambah dari DAK sebesar Rp 50 milyar, serta program beasiswa Tabe Berkah sebesar Rp 150 milyar.

Minimnya anggaran pendidikan menurut Reza disebabkan penerimaan asli daerah dan bagi hasil sumber daya alam memang masih rendah. Untuk itu perlu bantuan pihak ketiga atau swasta.

Kehadiran investor atau perusahaan memiliki tanggungjawab bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, sosial, budaya dan ekonomi kepada warga sekitar melalui CSR, sangat diharapkan.

“Kita berharap investor tidak hanya mengeksploitasi sumber daya alam saja, tapi peduli, dan memiliki tanggungjawab, membantu warga sekitarnya,” pintanya.

Reza menjelaskan terkait beasiswa, terdaftar 18.769 orang, termasuk untuk mahasiswa tidak mampu. Dari jumlah itu 13.313 sudah terseleksi dan memenuhi syarat sebagai penerima.

Semuanya akan mendapat beasiswa sebesar Rp 7,5 juta perorang diberikan bertahap. Kini prosesnya telah memasuki pencetakan kartu ATM yang telah disetujui pihak Bank Indonesia.

Dijelaskan pula berbagai langkah peningkatah bidang pendidikan seperti program Pena Berkah dan program lainnnya.(drt/KPO-3)

Iklan
Baca Juga:  Satgas Pangan dan TPID Kalteng Pantau Harga Migor dan Gula Pasir
Iklan