Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITATanah Laut

Kontribusi PTPN IV Regional V bagi Masyarakat Pelaihari Kabupaten Tanah Laut

×

Kontribusi PTPN IV Regional V bagi Masyarakat Pelaihari Kabupaten Tanah Laut

Sebarkan artikel ini

PELAIHARI, Kalimantanpost.com – Ekonomi daerah memiliki peranan penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Melalui pertumbuhan industri yang berkelanjutan, secara tidak langsung dapat mendongkrak perekonomian daerah dengan berbagai multiplier effect-nya.

Dalam konteks ini, PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) Regional V (eks PTPN XIII), perusahaan Perkebunan dengan komoditi Kelapa Sawit yang beroperasi Hampir di seluruh Provinsi yang ada di Kalimantan (Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur) memainkan peran penting dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di daerah tersebut.

Android

Perusahaan yang salah satu unit kerjanya terletak di Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan ini terus berupaya mendorong perekonomian daerah di desa-desa sekitar perusahaan.

Salah satu pedagang di Desa Karang Taruna, Agustin salah satu penerima manfaat
Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) PTPN IV Regional V mengakui manfaat dan perkembangan yang signifikan terhadap warung yang dimiliknya dari kehadiran PTPN IV Regional V. Ia juga menilai perusahaan telah memberikan kontribusi besar dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Hal yang sama juga disampaikan oleh salah satu Peternak di Kabupaten Tanah Laut, Isnawati, yang menjelaskan bahwa PTPN IV Regional V berperan aktif dalam membuka peluang dan mendorong perekonomian. Hal ini juga menjadi penunjang dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar.

Dalam menggambarkan peran PTPN IV Regional V, Manager Kebun Pelaihari Dede Aripin, Selasa (5/3/2024) menegaskan, sinergi antara pemerintah dan perusahaan merupakan bentuk kerja sama yang memberi manfaat berkelanjutan bagi seluruh masyarakat. Kedepannya, PTPN IV Regional V akan terus meningkatkan kolaborasi demi mencapai tujuan pembangunan yang lebih inklusif dan berkesinambungan.

“Saat ini kami juga telah menerapkan secara berkelanjutan program Tanggung Jawab Social Lingkungan (TJSL) atau biasa dikenal CSR. Program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi Kabupaten Tanah Laut, tetapi juga wilayah lain yang berada disekitar perusahaan. Program ini menyentuh beragam aspek kehidupan di masyarakat, termasuk pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan dan infrastruktur,” ungkap Syaripudin.

Baca Juga:  Assisten Deputi Kementerian Pemberdayaan Perempuan Kunjungi Tapin

Komitmen dalam menghadirkan manfaat positif ini terus dipertahankan oleh PTPN IV Regional V. Program TJSL yang dijalankan di wilayah ini telah membawa dampak yang nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Hal ini menjadi bukti konkret tentang peran serta PTPN IV Regional V dalam mendukung pengembangan sosial dan ekonomi di sekitar Perusahaan. (rzk/KPO-3)

Iklan
Iklan