Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

KPN Perikanan Laksanakan RAT Tahun Buku 2023

×

KPN Perikanan Laksanakan RAT Tahun Buku 2023

Sebarkan artikel ini
Suasana pembukaan RAT KPN Dislutkan Kalteng. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Rapat Anggota Tahunan (RAT) bagi sebuah koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan tiap tahun, karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi dalam rangka menunaikan amanat Undang-Undang Perkoperasian.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalteng H Darliansjah saat membuka RAT Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Perikanan Tahun Buku 2023, yang dilaksanakan secara hybrid atau daring dengan menggunakan zoom meeting, dan secara luring di Kantor Dislutkan Kalteng, Selasa (26/3/2024).

Android

β€œRAT merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan, sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi, Rapat Anggota Tahunan (RAT) menyiratkan kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah pada anggotanya,” ujarnya.

Darliansjah mengungkapkan RAT mempunyai arti yang cukup strategis dalam pengembangan koperasi ke arah yang lebih baik lagi, karena dalam RAT dibahas Laporan Pertanggungjawaban Pengurus, Laporan Pertanggungjawaban Pengawas, Rencana Kerja Tahunan Koperasi, serta Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi (RAPBK).

Pertanggungjawaban tersebut penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar pada masa-masa mendatang kinerja Koperasi dapat diperbaiki dan lebih disempurnakan lagi.

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan Ketua KPN Perikanan Lesep saat melaporkan, tujuan diadakannya RAT KPN Perikanan ini adalah untuk menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Tahun Buku 2023 juga untuk menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pengawas Tahun Buku 2023.

Harapannya tanggapan dan saran dari anggota terhadap laporan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas Tahun Buku 2023 serta membahas konsep rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Koperasi (RAPBK) KPN Perikanan Tahun Buku 2024,” terang Lesep.

Untuk itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalteng H Darliansjah mengajak seluruh pegawai Dislutkan Kalteng untuk mendukung dan memajukan dunia usaha sektor kelautan dan perikanan termasuk koperasi sebagai mitra kerja.

Baca Juga:  Kepala Bappedalitbang Kalteng Tangani Lima Baduta Stunting

Menurutnya, peran aktif sebagai pelaku yang tangguh sangat dibutuhkan dalam menghadapi persaingan dunia usaha yang semakin ketat sebagaimana tujuan didirikannya koperasi adalah untuk mewujudkan kesejahteraan anggota koperasi, kerja sama yang baik antara pengurus, pengawas dan para anggota harus terjalin dengan baik.

Ia berharap Rapat Anggota Tahunan KPN Perikanan Tahun Buku 2023 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, juga pelaksanaan program/kegiatan koperasi yang sudah disusun dapat dilaksanakan.

“Diharapkan, pencapaian KPN Perikanan pada tahun lalu yang sudah termasuk kategori Sangat Baik agar dapat dipertahankan, dan kinerja ini bisa ditingkatkan lagi di waktu yang akan datang,” tukas Darliansjah.

Pada agenda tersebut hadir sebagai nara sumber, Sekretaris Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya Hadriyansah dan Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekoipinda) Kota Palangka Raya Jayani Simarmata.(drt/KPO-3)

Iklan
Iklan