Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITATapin

Pj Bupati Hadiri Rakor Pengadaan ASN 2024

×

Pj Bupati Hadiri Rakor Pengadaan ASN 2024

Sebarkan artikel ini
MENTERI PAN-RB - Abdullah Azwar Anas menyerahkan SK Kebutuhan ASN Tahun 2024 diterima oleh Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin. (KP/Abdillah)

Rantau, KP – Penjabat (Pj) Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin menghadiri kegiatan rapat koordinasi nasional Persiapan Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun Anggaran  2024, digelar oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). bertempat di Hotel Bidakara, Jl. Gatot Subroto Kav. 71 – 73, Jakarta Selatan. Kamis (14/3/2024) kemarin.

Turut serta mendampingi Pj Bupati Tapin Kepala BPSDM Kab. Tapin Gt Ridha Jaya Wardana dan Kabid Dapeninfo BPSDM  Kab. Tapin dan Prokompim Setda Tapin.

Android

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa rekrutmen ASN kali ini sangat penting dengan prioritas pemenuhan pada talenta digital, Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), serta SDM ASN untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Oleh karenanya pemerintah melalui Kementerian PANRB telah menetapkan sebanyak 1.289.824 kebutuhan ASN nasional tahun 2024. 

“Jumlah tersebut merupakan total dari penetapan kebutuhan untuk 75 kementerian/lembaga sebanyak 427.850 dan 524 pemerintah daerah sebanyak 862.174,” sebutnya.

Pada tahun ini pemerintah membuka ruang untuk fres graduate yang lebih besar dibanding tahun sebelumnya, karena tahun ini jumlah rekrutmen CPNSnya relatif lebih besar dibanding sebelumnya.

Anas mengatakan, pemerintah menyiapkan ASN talenta digital dari kalangan fresh graduate yang akan menjadi akselerator mesin birokrasi dan pelayanan publik. Arah kebijakan rekrutmen ASN talenta digital didesain berdampak mengakselerasi ekonomi lokal dan nasional, mulai digitalisasi sektor pertanian, perindustrian, pariwisata, produksi UMKM, perdagangan, dan sebagainya.

“Sehingga talenta digital yang akan direkrut bukan hanya pada sektor ‘hilir’, seperti digital marketing, tetapi juga di sektor ‘hulu’ di lini produksi, seperti pertanian dengan e-farming untuk melipatgandakan nilai tambah ekonomi lokal dan nasional,” ujarnya.

Pj. Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin M.Pd, mengatakan rapat tersebut sangat penting karena membahas Persiapan Pengadaan ASN Tahun Anggaran 2024 sekaligus juga membahas agenda strategis di masing-masing daerah.

Baca Juga:  Cegah Paham Radikalisme, Sintelad Gelar Binkom dan Gandeng Kodim 1002/HST

“Kehadirian kita di Rakor merupakan agenda strategis dan merupakan kepentingan daerah, dalam rangka membahas Persiapan Pengadaan ASN Tahun Anggaran 2024,” kata Pj. Bupati Tapin  Muhammad Syarifuddin.

Apa yang menjadi arahan Presiden disampaikan oleh Menteri PAN-RB RI tentunya akan kita tindaklanjuti di Kabupaten Tapin dengan baik, sementara rekrutmen ASN tentunya sudah disiapkan oleh BKPSDM Tapin dengan Kouta yang telah ditetapkan BKN Pusat.

Pada rakor itu diberikan izin prinsip kepada gubernur, wali kota, dan bupati yang hadir dan penyerahan Surat Keputusan Menteri PANRB tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah Tahun Anggaran 2024.

Turut Hadir Rakornas Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Kepala LKPP Hendrar Prihadi,  Plt. Kepala LAN M. Taufiq,  Kepala ANRI Imam Gunarto dan Perwakilan dari Kementerian dan lembaga Pemerintah. (abd/rel/K-6)

Iklan
Iklan