Iklan
Iklan
Iklan
OPINI PUBLIK

Puasa Ramadhan, tapi tidak Sholat?

×

Puasa Ramadhan, tapi tidak Sholat?

Sebarkan artikel ini

oleh: DR Syafiq Riza Basalamah LC MA

RAMADHAN adalah bulan penuh ampunan, kita melihat bahwa seluruh umat muslim sangat antusias untuk melakukan ibadah puasa.

Android

Bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasalam pernah berkata bahwa dari satu Ramadhan ke Ramadhan yang selanjutnya adalah masa penghapusan dosa.

Dalam kalimat tersebut, artinya penghapusan dosa yang dimaksud adalah apabila umat muslim melakukan ibadah puasanya dengan penuh kesungguhan dan menjalankan ibadah lainnya.

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang telah melaksanakan ibadah puasa, tetapi tidak sholat?

Kita sering menemukan pemandangan pada suatu waktu, dimana ada Sebagian orang pada saat berbuka puasa sangat sibuk melahap makanan, sampai tidak sholat maghrib.

“Apakah dengan hanya berpuasa tetapi tidak sholat ini akan diampuni dosa-dosanya? Padahal kita tahu bahwa ibadah puasa itu disyariatkan La,allakum tattakum, yaitu agar kalian bertaqwa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala”.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori, Rasulullah Shallallahu alaihi wasalam bersabda yang artinya, Barang siapa yang meninggalkan sholat ashar, maka gugur amalannya.

Artinya, bagaimana dia ingin meminta dihapuskan dosanya, sedangkan pahala puasanya tidak ada dengan meninggalkan sholat tersebut.

Bahwa bagi siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan tetapi tidak sholat, maka silahkan berpikir Kembali.

“Sholat itu lebih ringan daripada puasa, dan Allah Subhanahu wa ta’ala juga mewajibkan kepada kita berpuasa dan mewajibkan juga kepada kita sholat, karena sholat adalah tiang agama, dan ikuti Perintah-Nya”.

Dalil dalam menegakkan sholat itu itu tercantum pada Firman Allah Qs. Al-Baqarah ayat 110 yang artinya, “Dan laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat. Dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu, kamu akan mendapatkannya (pahala) di sisi Allah. Sungguh, Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”

Baca Juga:  Gurita Korupsi dalam Sistem Demokrasi Sekuler, Islam Solusinya

Pada saat dipadang mashyar atau di pengadilannya Allah Subhanahu wa ta’ala, hal pertama yang ditanyakan adalah tentang sholatnya yang pertama dihisab. Jika sholatnya baik, maka baik pula ibadah lainnya.

Maka Jadikan bulan Ramadhan saat ini menjadi bulan pertaubatan bagi kita semua, laksanakan sholat 5 waktu dan puasa Ramadhan sekali setahun ini.

Kita berharap kepada Allah Subhanahu wa ta’ala meminta keimanan, pengampunan Dosa kepada Allah dan diterima puasa Ramadhan kita.

Barakallah fiikum.

Iklan
Iklan