Iklan
Iklan
Iklan
Palangka Raya

Wagub Kalteng Salurkan Beras Subsidi di Kabupaten Kapuas, Harganya Cuma Rp 20.000 Per Paket

×

Wagub Kalteng Salurkan Beras Subsidi di Kabupaten Kapuas, Harganya Cuma Rp 20.000 Per Paket

Sebarkan artikel ini
Wagub Kalteng, Edy Pratowo serahkan beras bersubsidi di Kapuas. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

KUALA KAPUAS, Kalimantanpost.com – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) H Edy Pratowo salurkan beras subsidi pada Pasar Murah di Kabupaten Kapuas, Selasa (19/3/2024).

Masyarakat sangat antusias dengan adanya Pasar Murah yang disalurkan di empat lokasi, yakni Kecamatan Basarang, Kecamatan Selat, Desa Sei Tatas, dan Kecamatan Kapuas Timur.

Android

Sebelumnya, Pemprov Kalteng melepas 1.420 ton beras subsidi untuk dibagikan kepada masyarakat melalui kegiatan Pasar Murah di 14 Kabupaten/Kota. Di Kabupaten Kapuas ini, beras subsidi yang tersedia sebanyak 250 ton atau 25.000 paket.

Saat membuka Pasar Murah di Kecamatan Basarang, Wagub mengatakan kegiatan Pasar Murah ini merupakan kegiatan rutin Pemerintah Kalteng yang bertujuan untuk stabilisasi harga pangan dan juga mengatasi inflasi daerah.

Disebutkannya, Kabupaten Kapuas ini adalah Lumbung Pangannya Kalimantan Tengah, khususnya padi. Oleh karena itu, jangan sampai padinya dari Kapuas, tetapi berasnya diolah di Provinsi Kalsel, dan dijual lagi ke masyarakat Kalteng dengan harga tinggi.

Menurut Wagub, guna mendukung ketahanan pangan di Kalteng, tahun ini akan dibangun rice to rice (RTR) yaitu mesin untuk penggilingan padi atau pengolahan padi. Selain itu, juga ada program 51.000 hektare untuk optimasi lahan rawa di Kabupaten Kapuas.

“Di Pasar Murah Kantor Kecamatan Basarang ada 1.600 paket beras seharga Rp175.000, namun Pemprov Kalteng memberikan subsidi sebesar Rp155.000, sehingga masyarakat hanya menebus dengan harga Rp20.000,” jelasnya.

Wagub menerangkan, kualitas beras pada Pasar Murah ini adalah beras medium yang bagus dan tidak berbau, sehingga layak untuk didistribusikan ke masyarakat.

“Kualitas beras kita di Bulog sangat terjaga, sehingga bisa digunakan oleh masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Sementara, Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalteng khususnya Gubernur yang telah menggelar Pasar Murah di Kabupaten Kapuas.

Baca Juga:  Polsek Sebangau Patroli, Jaga Keamanan Faskes di Kawasan Rumah Sakit

“Semoga Pasar Murah ini bisa membantu meringankan beban masyarakat Kapuas di bulan Ramadan ini dan mudah-mudahan di bulan-bulan berikutnya tidak hanya beras murah saja, tetapi juga ada bantuan pangan murah lainnya,” katanya.

Zakiah salah satu warga Kecamatan Basarang, mengaku sangat terima kasih kepada Gubernur Sugianto Sabran yang telah mengadakan Pasar Murah itu.

Dia berharap, beras itu bisa bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu dan mereka bersyukur bisa mendapatkan beras kualitas yang sangat bagus dengan harga yang terjangkau.

“Semoga yang menerima bantuan ini bisa semakin berkah dan semoga kegiatan seperti ini bisa berlanjut,” ucapnya.

Suriansyah, warga Anjir Mambulau Barat, mengaku berterima kasih kepada Gubernur Kalteng yang sudah memberikan bantuan beras murah tersebut

“Semoga bapak Gubernur selalu diberikan keselamatan dan panjang umur,” ucapnya.

Setelahnya, Wagub dan rombongan bertolak ke Pasar Murah yang ada di Kecamatan Selat, yang menyediakan 900 paket beras murah. Di Desa Sei Tatas dan Kecamatan Kapuas Timur, yang masing-masing menyediakan 2.000 paket dan 3.000 paket.

Diketahui penyaluran beras murah di Kabupaten Kapuas itu merupakan bantuan penyaluran pertama yakni sebanyak 75 ton atau 7.500 paket, yang dilaksanakan juga serentak di 13 kabupaten/kota lainnya.

Agenda dihadiri unsur Forkopimda dan jajaran Pemkab Kapuas, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan SDM Suhaemi, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Sri Widanarni, serta Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemprov Kalteng. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan